Mohon tunggu...
Rizky amelia
Rizky amelia Mohon Tunggu... Mahasiswi FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta 2016

Tetap semangat

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Satu Gelas Boba Setara Satu Setengah Porsi Nasi?

10 November 2019   23:00 Diperbarui: 11 November 2019   00:12 0 2 0 Mohon Tunggu...
Satu Gelas Boba Setara Satu Setengah Porsi Nasi?
ilustrasi minuman boba (sumber: shutterstock via kompas.com)

Tubuh manusia membutuhkan asupan gizi yang seimbang. Untuk memenuhi gizi seimbang, selain adanya kesadaran dari diri sendiri juga dibutuhkan dorongan lain. 

Dorongan tersebut dapat muncul dari orang yang berpengaruh pada kehidupan kita. Jika kesadaran akan kebutuhan gizi seimbang telah muncul maka akan lebih  mudah lagi jika kita menjadikan hal tersebut sebagai life style. 

Sungguh mudah untuk diucapkan. Namun sayangnya saat ini justru life style yang banyak dilakukan oleh kalangan milenial adalah sebaliknya. Seperti sering sekali mencoba makanan maupun minuman baru yang sedang hits tanpa diimbangi olahraga.

Tanpa kita sadari, brand-brand makanan dan minuman saat ini berlomba-lomba untuk membuat produknya seunik mungkin agar laris terjual. Namun sayangnya produk makanan maupun minuman yang mereka jual mengandung kalori yang tidak main-main. 

Cukup dengan bentuk produk maupun packaging  yang instagramable, maka dengan mudahnya produk tersebut laris manis di kalangan milenial.

Banyak orang yang tidak sadar bahwa minuman yang mereka minum mengandung kalori yang lebih besar dari makanannya. Contoh kecilnya adalah boba. 

Boba yang biasa kita temukan di minuman seperti milk tea, es kopi susu, bahkan sekarang banyak makanan yang menggunakan boba sebagai toppingnya. Boba itu sendiri terbuat dari tepung tapioka yang sebelumnya tidak ada rasanya. Oleh karena itu boba yang belum ada rasanya dimasak lagi bersama gula atau madu dan air panas sampai manis dan kenyal.

Jika diukur dalam satu gelas milk tea berukuran 330cc mengandung kurang lebih 50 gram gula. Ahli gizi dan Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA), Dr Rita Ramayulis, DCN, Mkes memberikan pernyataan "10 gram gula itu sekitar 36 kalori, berarti kalau 50 gram gula tinggal dikali deh 36 dikali 5 berapa tuh? 180 kkal. Itu gulanya doang,"  

Sementara itu, boba yang merupakan karbohidrat atau pati murni berjumlah 3-4 sendok makan mengandung sekitar 50-80 kkal. Artinya, dalam satu gelas bubble tea mengandung sekitar 230-260 kkal. 

"Nah yang perlu diketahui, satu piring nasi saja hanya 180 kkal. Berarti bubble tea kalorinya lebih banyak dari sepiring nasi," tambah Rita.

ilustrasi diolah dari Shutterstock
ilustrasi diolah dari Shutterstock
Dapat dibayangkan apa yang terjadi dengan tubuh kita jika mengkonsumsi minuman maupun makanan berkalori tinggi seperti itu terus menerus. Ditambah lagi jika tidak diimbangi dengan olahraga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x