Mohon tunggu...
GM RIZKA ZANNAH RIA
GM RIZKA ZANNAH RIA Mohon Tunggu... Mahasiswi

Mahasiswi IAIN JEMBER Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Hobi : traveling dan berenang Motto hidup: apapun yang terjadi tetap di syukuri :)

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Pendidikan (Ontology Pendidikan, Epistemology Pendidikan, dan Axiology Pendidikan)

11 Maret 2020   00:39 Diperbarui: 10 April 2020   18:51 44 1 0 Mohon Tunggu...

 Bismillahirrahmanirrahim

Apa itu Ontology pendidikan, Episteminology pendidikan dan Axiology pendidikan ???             Semua itu, merupakan bagian-bagian dari Filsafat Pendidikan.

Sebelum membahas ketiga materi itu, akan dijelaskan pengertian filsafat pendidikan terlebih dahulu.

Filsafat berasal dari bahasa Yunani "philosophia" yaitu "philos" yang berarti cinta dan "shopia" yang berarti kebijaksanaan. Jadi, Filsafat yaitu keinginan yang mendalam untuk membahas segala sesuatu berdasarkan pikiran / logika.

Pendidikan adalah suatu pembelajaran pengetahuan, keterampilan melalui pengajaran, penelitian dan riset. 

Dapat disimpulkan dari keterangan diatas bahwa Filsafat Pendidikan merupakan ilmu filsafat yang mempelajari hakikat pelaksanaan yang berkaitan dengan tujuan, metode, dan hasil.

Selanjutnya membahas 3 materi filsafat pendidikan :

1. Ontology pendidikan, berasal dari bahasa Yunani on/ontos yang berarti ada dan logos berarti ilmu. Secara istilah, yaitu Filsafat yang mempertanyakan tentang hakikat keberadaan segala sesuatu. Contoh : Manusia, Tuhan dan Semesta alam

2. Episteminology pendidikan, berasal dari bahasa Yunani "episteme" yang berarti pengetahuan dan "Logos" berarti teori. Secara istilah, yaitu cara atau metode untuk memperoleh pengetahuan. Contoh : Jika kita menjadi guru, kita aku bertemu dengan murid-murid yang sikap atau tingkah lakunya berbeda-beda. Maka dari situlah kita akan memperoleh metode dengan bagaimana cara kita menyikapi murid-murid tersebut.

3. Axiology pendidikan, berasal dari bahasa Yunani  "axios" yang berarti nilai dan "Logos" yang berarti ilmu atau teori. Secara istilah, merupakan teori nilai yang membahas secara universal, dan mendalam berbagai aspek nilai yang meliputi Etika dan Estetika. a.  Etika cabang filsafat yang membahas masalah moral yang berkaitan dengan norma .  b .Estetika cabang filsafat yang membahas masalah keindahan

VIDEO PILIHAN