Mohon tunggu...
Rizka Tri Wahyuni
Rizka Tri Wahyuni Mohon Tunggu... baru belajar nulis

happy everyday.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Kopi Sedekah: Cara Baru "Ngopi" Sambil Bersedekah

7 April 2021   13:09 Diperbarui: 7 April 2021   13:41 53 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kopi Sedekah: Cara Baru "Ngopi" Sambil Bersedekah
Suasana Bagian Depan dari Kopi Sedekah

Paser - Kopi Sedekah atau bisa juga disebut Angkringan Kopi Sedekah jadi spot tempat ngopi untuk masyarakat disekitar Kabupaten Paser, Kalimantan Timur yang terbilang baru, karena baru dibuka di akhir bulan Juli 2020. Betapa tidak, angkringan yang beralamat di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo ini selain menawarkan menu kopi yang tidak kalah rasanya dengan cita rasa kopi di Cafe, dari namanya saja angkringan ini memiliki konsep yang berbeda dari bisnis angkringan kopi biasanya.

Kopi Sedekah dilatarbelakangi oleh mimpi salah seorang relawan di bidang sosial dari Yayasan Paser Peduli Sesama, yaitu Ria Ariefin. Karyawan yang bekerja dan membantu dalam menjalankan Angkringan Kopi Sedekah pun adalah relawan bahkan pasien tetap dari yayasan tersebut. 

Kopi Sedekah diperuntukkan untuk menjadi fasilitator atau media masyarakat yang hobi ngopi untuk ikut andil bersedekah, 10% pendapatan dari pengunjung yang datang kemudian disumbangkan untuk Yayasan Paser Peduli Sesama, kaum dhuafa, dan orang lain yang membutuhkan. 

Uniknya lagi, Kopi Sedekah memiliki program yang setiap hari Jum'at dinamai dengan "Bayar Seikhlasnya". Pengunjung yang datang setiap hari Jum'at dapat memesan makanan dan minuman yang mereka inginkan lalu membayar seikhlasnya. "Kalau bicara soal keikhlasan itu ga ada kata rugi, asal kita ikhlas. Terkadang ada beberapa pengunjung yang membayar lebih, itu kami terima dengan anggapan sedekah langsung." Ungkap Ria Ariefin.

Adapun menu yang ditawarkan oleh Kopi Sedekah yang buka setiap jam 20.00 sampai dengan 00.00 WITA ini beragam, mulai dari varian kopi hingga non kopi, harganya pun terjangkau mulai dari Rp. 12.000 hingga Rp. 25.000 sudah bisa menikmati kopi sambil bersedekah. Varian kopi yang dapat dipesan adalah seperti Es Kopi Sedekah, Latte, Syphon, V60, hingga Americano. 

Untuk menu kopi favorit yang sering dipesan oleh pengunjung adalah Kopi Latte. Perpaduan antara susu dan kopi espresso menjadikan rasa kopi yang nikmat, terlebih lagi lapisan busa tipis diatas kopi yang menjadikan latte berbeda dengan kopi yang lain. Selain kopi, di Kopi Sedekah juga menyediakan berbagai menu makanan ringan seperti Roti Mantau Goreng, Mie Goreng, Kentang Goreng, Cireng dan masih banyak lagi.

Kopi Latte Sebagai Minuman Favorit (source: @kopisedekah.id)
Kopi Latte Sebagai Minuman Favorit (source: @kopisedekah.id)

Meski dibuka dimasa pandemi, angkringan ini tetap ramai. Namun demikian, protokol kesehatan tetap dijalankan, seperti menyediakan tempat yang terbuka, memberikan jarak, menyediakan tempat cuci tangan, dan memakai masker. 

Kopi Sedekah merupakan salah satu bidang usaha kecil yang sekaligus menjadi contoh inspiratif bahwa bersedekah dapat disalurkan melalui media apa saja, bahkan dengan hobi nongkrong dan ngopi sekalipun. Bagi kalian yang hobi ngopi dan nongkrong bersama teman-teman, wajib banget cobain ke Kopi Sedekah!

VIDEO PILIHAN