Image Source
          Artikel ini dimuat untuk memenuhi Tugas UAS Mata Kuliah Komunikasi Pemasaran yang diberikan oleh Dosen Dr. Kabul Wahyu Utomo, SE.,M.Si
          Strategi Pemasaran sangat penting dan berpengaruh bagi sebuah usaha. Maka tidak heran jika setiap pelaku ekonomi/reseller menerapkan strategi pemasaran yang  berbeda-beda untuk meningkatkan penjualan. Dengan meningkatnya volume penjualan, perusahaan juga bisa mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Semakin baik strategi pemasaran seorang pelaku usaha/reseller maka semakin besar peluang yang dimiliki suatu perusahaan untuk memperoleh pangsa pasar.
          Seperti yang dijelaskan oleh Kotler dan Armstrong (2008 :62) dalam bauran pemasaran setidaknya ada 4 (empat) cara yang harus dilakukan oleh setiap pelaku usaha/reseller yang ingin menjadi pemenang pasar, keempat cara tersebut ialah produk dengan kualitas baik (product), harga bersaing di pasaran (price), promosi penjualan (promotion), dan yang terakhir adalah tempat atau saluran distribusi yang baik (place).
          Periklanan adalah upaya untuk menginformasikan atau memberikan informasi terhadap suatu produk atau jasa dengan tujuan untuk mendorong calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsi. Dengan adanya promosi tersebut, produsen dan dealer mengharapkan peningkatan penjualan. Seperti yang telah dijelaskan, promosi meliputi :
          Â
• Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
• Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
• Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
• Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
• Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
• Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
Apa itu Reseller?
        (Wirjono P. 2011) Reseller yaitu penjual yang menjual barang milik penjual lain ( bukan barang miliknya). Reseller sendiri dapat membantu memasarkan penjualan dari penjual lain. Sistem yang diterapke;ep berjalan. Salah satu strategi  pemasaran reseller untuk bisnis online adalah dengan membuka marketplace.Â
        Marketplace adalah platform atau tempat di mana penjual dapat menjual produk mereka secara online. Istilah "pasar" atau "pasar online" mungkin sudah tidak asing lagi akhir-akhir ini, tetapi istilah marketplace adalah bahasa inggris untuk "pasar". Namun, istilah marketplace memiliki arti yang lebih spesifik, terutama dalam bisnis, yang memiliki banyak implikasi: Dimana ada pembeli dengan minat yang sama dengan penjual yang berbeda dengan barang yang sama, atau lebih sederhananya, dimana penjual dan pembeli bertemu seperti arti pasar yang sebenarnya. Terlepas dari terminologi yang digunakan, pasar online saat ini adalah salah satu pasar yang paling  aktif secara transaksional. Orang lebih suka membeli dan menjual di pasar online karena pasar online mudah dan nyaman. Berkat platform marketplace, para pelaku usaha/reseller tidak perlu menyewa tempat untuk membuka stan/store offline penjualan.
       Apa sajakah keunggulan dan manfaat marketplace dibanding sarana promosi yang lain?
       Keunggulan dan manfaat bejualan di marketplace yaitu antaralain :
-   Dengan pasar  yang bisa menjual dengan modal minimal
  Siapa saja bisa menjual dengan modal kecil. para reseller tidak perlu mengeluarkan uang dari pendaftaran hingga penjualan. kita juga memiliki akses gratis ke fitur platform. Modal yang dibutuhkan hany diperlukan untuk menyediakan produk yang akan dijual, Oleh karena itu, tidak membutuhkan banyak modal. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha/reseller.
- Â Â Memudahkan Pengguna
  Anda hanya perlu mendaftar atau membuat akun, mengunggah foto produk dan memasukan informasi yang diperlukan. Secara umum, sistem yang disedikan oleh Administrator platform, sehingga prosedurnya sangat sederhana.
- Â Â Barang Obral Tanpa Batas Dengan hadirnya Marketplace
  Anda dapat menemukan segala sesuatu mulai dari pakaian, tas, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan sekolah, produk elektronik, dan laiinya. Hal ini sangat menguntungkan bagi penjual atau pembeli.
- Â Â Promosi Mudah
  Promosi di Marketplace dikenal mudah karena didukung oleh pihak Marketplace. Sebagai penyedia point-of-sale platform tentu ingin menarik lalu lintas dan menjual produk sebanyak mungkin.
- Mudah Memantau Perkembangan Bisnis Anda
  Beberapa pengelola pasar online biasanya memiliki wawasan. Fitur Insights dapat memantau jumlah orang yang mengunjungi toko, merespons, mengkomunikasikan, dan membeli produk. Anda juga dapat memantau perkembangan bisnis Anda, mengevaluasi produk dan strategi pemasaran anda, serta menentukan efektivitas dan kinerja pengelola pasar online Anda.
   Dengan  Kelebihan-kelebihan yang telah terpapar diatas tersebut sudah cukup menjelaskan bagaimana Startegi Pemasaran Reseller Bisnis Online di Marketplace.  Demikian, mungkin itu saja yang bisa saya share pada Artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanyaaaa! TerimaKasih....
Rizka Salsabilah - 19113018
Referensi :
Kotler, Philip dan Keller K Lane,(2008). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Â Â Ghalia.Indonesia
Wirjono Prodjodikoro, R., (2011). Azas-Azas Hukum Perjanjian, Mandar Maju, Bandung.