Mohon tunggu...
Rizkana Faridz M
Rizkana Faridz M Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Melanjutkan suatu kegiatan seperti menulis dan berolahraga

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Akibat Banyak Menunda

1 Desember 2022   17:23 Diperbarui: 1 Desember 2022   17:37 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Waktu sepulang kuliah ia tak langsung mengerjakan tugas, Derry justru bermain game online hingga larut malam sampai tugasnya tidak di kerjakan. Esok hari tiba. Tak seperti ungkapannya tempo hari, Derry tak kunjung datang mengerjakan tugas karna menurutnya pekerjaan rumah yang diberikan dosen Writing bisa dikerjakan dalam waktu satu jam.  "Nanti saja sebelum kuliah aku kerjakan, malam ini mau santai-santai bermain game onlinenya."  Akhirnya besok tiba, saat melihat tugas kuliah yang siap dikumpulkan tetapi dia merasa cemas dan berkeringat dingin dan keringetnyapun juga mengucur di dahinya.

"Sial, tugas yang dosen kasih ternyata sulit dan memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikannya." Karena waktu juga sudah mepet, Derry pun memutuskan untuk pergi ke kampus dan mengerjakan dikelas. Tetapi temen temennya bilang kepada derry mereka berkata "Seharusnya pekerjaan rumah itu dikerjakannya dirumah bukan di kelas."

 Tapinya Derry pun tidak mendengarkan omongan temennya itu melaikan dia terus mengerjakan tugasnya hingga selesai. Namun disaat itu bel masuk mulai berbunyi, Derry yang lagi berusaha mengerjakan tugas itu tidak kunjung selesai karna itu dosen mata kuliah Writing datang untuk menyerahkan tugas yang dijadikan pekerjaan rumah tiga hari lalu. 

Berbeda lagi dengan temen temennya yang sudah mengerjakan pekerjaan rumahnya, Derry tampak memunculkan raut wajah yang pucat karena tugas yg dia kerjakan belum selesai. Ia pun akhirnya di tegaskan sama dosennya karena dia tidak menyelesaikan tugas yang seharusnya sekrang di kumpulkan seperti temen temen yang lainnya tetapi Derry belum sempet menyelesakan tugas yang diberikan bapak dosen itu.

Di kemudian hari, Derry menjadi mahasiswa yang berbeda karena akhir akhir ini Derry mengerjakan tugasnya sangat cepat atau sangat tepat waktu, dimana dosen mau menyuruh mahasiswa untuk mengumpulkan tugasnya disaat itu Derry juga ikut ngumpulin tugasnya. Namun temen temennya pun terkejut yang biasanya dia selalu telat ngumpulin tapi sekrang dia ngumpulinya tepat waktu sekali

"Nah, kamu harusnya seperti itu dari dulu tuh kalo ada tugas kerjain bukannya malah maen game online dulu biar ketunda tugasnya." 

Tetapi Derry pun menjadi sangat tenang akhir akhir ini karna tugas yang dosen kasih selalu tepat waktu,  itu juga bukan matkul Writing saja melaikan matkul matkul lain yang sering dosen kasih tugas dia selalu tepat waktu ngumpulnya. Karna itu dia tak ingin mengulangnya lagi kejadian yang sama selalu menunda nunda pekerjaan rumah yang dosen berikan.
     Maka dari itu Derry merubah cara kerjanya supaya tugas tugas diberikan dosen semuanya selesai tidak ada yang tertunda apa lagi telat kaya waktu itu, dia pun berpikir bahwa bermain game online bisa lupa dengan apapun melainkan menjadi membuang buang waktu yang berharga bagi dirinya sendiri. Dari itu juga dia sedikit sedikit mulai merubah pola waktu buat bermain game online supaya tidak terjerumus atau ngabisin waktunya sama game. 

Seorang Derry juga malahan menjadi cukup aktif dikelas yang tadinya sering mengabaikan dosen yang suka menjelaskan atau ada orang lain melakukan persentasi didepannya malahan bisa disebut tidak menghargainya, tetapi sekarang dia sudah cukup berubah dengan apa yang pernah di lakukannya jadi dia ini menyesali perbuatannya waktu itu karna tidak sempet mendengarkan apa yang telah seseorang paparkan di depan kelas, dan teman sekelasnya juga bilang

"Der jangan main game terus, harusnya kamu hargai orang yang lagi ada di depan kita ini bukan malah asik main game, suatu saat kamu pasti merasakan gimana rasanya tidak di hargai orang."

Dan selang beberapa hari Derry dan temennya mulai melakukan persentasi disaat itu ada beberapa orang yang tidak memperhatikan orang yang lagi persentasi dari situlah Derry sadar ternyata tidak di hargai oleh seorang itu cukup kesel, marah, dan sakit hati. 

Maka disitulah Derry berubah dengan keadaan yang bikin semua orang takjub, yaitu dia selalu mengerjakan tugasnya dengan cepat tidak ada terlambat lagi, dan memberikan sebuah pertanyaan kepada temen temennya yang lagi melakukan persentasi.
     
Jadi menunda nunda keadaan yang tidak baik belum tentu hasilnya jadi baik, tetapi suatu urusan untuk semetara waktu ini jaminan akan mengerjakan di waktu yang sangat cepat dimna seorang Derry ini juga sering menunda waktunya disaat ada dosen memberikan tugas namun dia mengerjaknya cukup lambat tapi bisa disebut waktunya sangat mepet buat pengumpulan, dan dimana ada juga satu mahasiswa yang sama kaya Derry namanya Alan dia sering telat ngerjain tugas terus kadang juga ada yang tidak dikerjakan atau menunda sampe tugas itu menumpuk pada akhirnya tugas alan pun sangat banyak sampe gatau mana dulu yang harus dikerjakan oleh Alan karena sebanyak itu tugas yang ditunda tunda oleh Alan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun