Mohon tunggu...
Rizka Azizah11
Rizka Azizah11 Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Hai sahabat Kompasiana perkenalkan nama saya Rizka Azizah asal sukorambi Jember Jawa timur saya tamatan sekolah menengah atas Nurul Jadid Paiton Probolinggo sekarang sedang menempuh pendidikan S1 jurusan ke guruan di universitas Islam negeri kyai haji Muhammad Shiddiq Jember

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Perkembangan Belajar

19 Mei 2022   00:17 Diperbarui: 19 Mei 2022   00:20 372
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

motivasi diartikan sebagai usaha yang menggerakkan serta mengarahkan siswa untuk bertindak dalam melakukan sesuatu agar apa yang diinginkan dapat tercapai Motivasi belajar dapat disimpulkan sebagai suatu dorongan dalam diri siswa yang timbul dari luar ataupun dalam diri siswa itu sendiri sehingga mempengaruhi proses belajar siswa.

Dalam kegiatan belajar, siswa yang memiliki motivasi maka akan cenderung fokus serta semangat dalam melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan yang diinginkannya. Sumber motivasi terbagi menjadi dua, yaitu motivasi instrinsik ( yaitu motivasi yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri) dan motivasi ekstrinsik ( yaitu motivasi yang berasal dari luar diri siswa itu sendiri.)

  • Motivasi instrinsik juga merupakan sebuah dorongan dlaam diri siswa dalam melakukan sesuatu, semakin kuat motivasi instrinsik atau dorongan yang dimiliki siswa tersebut, maka akan semakin kuat keinginan siswa tersebut dalam melakukan sesuatu yang hendak dicapainya.Siswa yang telah memiliki motivasi instrinsik dapat dipastikan akan semangat dalam proses belajarnya. Karena siswa tersebut melakukannya karena hendak mencapai sesuatu yang diinginkannya. Siswa yang telah memiliki motivasi instrinsik akan terlihat berbeda dengan siswa yang tidak memilikinya. Siswa yang memiliki motivasi instrinsik akan terlihat dari belajarnya dan cenderung aktivitas belajarnya dimulai dan berlanjut karena suatu dorongan yang telah ada dalam dirinya yang berhubungan dengan kegiatan belajarnya. Karena seorang siswa yang memiliki motivasi ini akan merasa butuh serta memiliki keinginan untuk belajar untuk mencapai keinginannya, bukan belajar karena hanya ingin pamer, dipuji, serta mendapaykan imbalan.
  • Motivasi Ekstrinsi merupakan kebalikan motivasi instrinsik yang merupakan sebuah dorongan serta rangsangan yang timbul dalam diri siswa itu sendiri. Motivasi ekstrinsik timbul karena dorongan dari luar aktivitas belajar, salah satu contohnya ialah  pengalaman pribadi siswa itu sendiri, bujukan, bahkan arahan serta dorongan dari orang lain. .Namun motivasi ektrinsik tidak semua berhubungan dengan aktivitas belajar siswa, seperti seorang siswa hendak belajar agar mendapatkan rangking dalam kelasnya agar memperoleh sebuah hadiah yang di berikan oleh sekolah atau oleh kedua orang tuanya. Bisa juga siswa yang rajin belajar, karena ingin membagakan orangb tuanya.Motivasi ektrinsik dilakukan agar siswa mau belajar, karena sejatinya belajar terdapat berbagai cara untuk melakukannya

    • Motivasi belajar yang dikarenakan hanya demi mendapat pujian dari orang lain
    • Motivasi belajar yang dikarenakan hanya karena demi memenuhi kewajiban
    • Motivasi belajar yang dikarenakan hanya ingin memperoleh hadiah yang diinginkan atau dijanjikan padanya
    • Motivasi belajar yang dikarenakan hanya ingin terhindar dari sebuah ancaman atau hukuman yang akan diberikan
    • Motivasi belajar yang dikarenakan hanya karena memenuhi persyaratan kenaikan kejenjang pendidikan.
    • Motivasi belajar yang dikarenakan gengsi sosial

dalam hal ini dapat kita ketahui bahwa motivasi sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa disekolah. baik motivasi yang berasal dari luar diri siswa itu sendiri atau yang berasal dari luar diri siswa. motivasi menjadi sangta penting untuk menunjang proses keberhasilan siswa untuk menata karir serta masa depannya. tidak dipungkiri jika siswa yang tidak memiliki motivasi belajar siswa akan berpengaruh terhadap masa depannya.

sehingga dalam hal ini motivasi berfungsi sebagai

1. motivasi berfungsi sebagai petunjuk arah. baik dari segi perilaku siswa maupun dari segi tingkah laku 

2. motivasi dijadikan sebagai perangsang dalam melakukan sesuatu terutama ialah kegiatan belajar.

3. motivasi dijadikan pendorong dalam berkegiatan. sehingga apabila tidak ada dorongan motivasi belajar maka siswa tersebut tidak akan belajat

4. motivasi juga berfungsi sebagai alat yang menggerakan siswa untuk kegiatan. yang mana dalam hal ini semakin motivasi yang dimiliki siswa maka akan semakin cepat pula kegiatan yang akan dilakukan 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun