Mohon tunggu...
rizka ayu widia
rizka ayu widia Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

jangan terlalu banyak berbicara jika tidak pernah melakukan tindakan.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Pentingnya Menjaga Alam dan Lingkungan

23 Mei 2022   11:33 Diperbarui: 23 Mei 2022   11:38 110 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pencemaran lingkungan dapat dipicu dengan beberapa faktor salah satu nya sampah plastik. ada beberapa jenis sampah yang tidak bisa diuraikan sama sekali, contoh nya sampah plastik, sampah ini  adalah sampah jenis non organik, sampah plastik merupakan jenis sampah yang tidak bisa diuraikan dalam jangka waktu dekat, melainkan butuh waktu bertahun tahun untuk dapat diuraikan. Penguraian sampah jenis plastik diperlukan waktu yang lama sekitar kurang lebih 50 tahun. Selain itu penggunaan sampah  plastik yang berlebihan juga dapat mencemari lingkungan. Sampah plastik ini dapat mencemari tanah, air, laut, bahkan udara karna  plastik terbuat dari penyulingan gas dan minyak yang disebut ethylene. oleh karena itu agar tidak terjadi  pencemaran sebagian orang dapat Mengelolah sampah tersebut. Selain itu juga ada  beberpa cara untuk  mengurangi sampah plastik yaitu  dengan cara membawa kantong belanja sendiri untuk mengurangi sampah plastik, Bawa mug atau tumbler untuk minuman sendiri, Tidak perlu sedotan saat membeli minum jika tidak dibutuhkan, Hindari alat cukur seperti disposable razor, adapun cara lain untuk mengatasi sampah plastik dengan cara membuat kerajinan dari sampah tersebut contohnya Mengubah Botol Plastik menjadi penyiram  tanaman, mengubah botol menjadi Pot Bunga,Memakai Botol Plastik sebagai Celengan, Membuat Mainan dari Botol Sampo,  Menganyam Plastik Jadi Tas Belanja dan lain sebagainya.

Tidak  hanya penggunaan plastik penggunaan kertas dan tisu yang berlebihan juga dapat merusak alam karena banyaknya pohon yang ditebang untuk membuat kertas dan tisu, karena kertas dan tisu dibuat dari serat kayu batang pohon, ini menjadikan penebangan pohon yang  terus menerus di karnakan harus tetap  memproduksi kertas dan tisu tersebut. Penebangan pohon dengan sekala besar juga dapat memicu terjadinya longsor ataupun dapat pemberi kan efek lainnya, Tanpa pohon, kita akan mengalami kekeringan parah dan jarang terjadi hujan.  hujan yang turun akan membuat  kesulitan menampung air karena tidak ada pohon yang menyerap air ke dalam tanah. Akibatnya, akan terjadi banjir dan tanah longsor. Oleh karna itu kita dapat men daur ulang kertas kertas yang sudah tidak terpakai lagi sehingga bisa mengurangi penebangan pohon atau melakukan reboisasi.

Arti lain dari reboisasi ini adalah penanaman atau penghijauan kembali hutan yang gersang atau gundul, penyebab gundul nya hutan ini bisa di sebab kan oleh beberapa faktor seperti  penebangan liar atau penebangan hutan dengan skala besar besaran dan terjadi nya kebakaran hutan. pentingnya melakukan reboisasi itu sendiri untuk mencegah terjadinya erosi atau tanah lonsor, mengembalikan ekosistem hutan, pencegahan polusi udara, dan mencegah global warming. Roboisasi tidak di lakukan di sembarang tempat  biasanya di lakukan di area hutan yang rusak atau daerah non hutan. Kegiatan ini banyak memberi manfaat bagi lingkungan untuk melestarikan mahluk hidup memberikan kehidupan bagi flora dan fauna.

Alam sangat berperan penting bagi manusia, kekayaan alam yang begitu banyak memberikan kebutuhan yang dibutuhkan oleh manusia. Tetapi masih banyak manusia yang belum sadar dan tidak menjaga alam sehingga hanya merusak nya. Banyak sekali kegiatan yang di lakukan manusia yang memberikan dampak negatif bagi alam, Seperti pengambilan sumber daya alam yang berlebihan yang  dapat menimbulkan pencemaran, dan kerusakan lingkungan air karena bahan peledak. Bahan peledak yag di gunakan bisa merusak ekosistem laut dan terumbu karang. Tidak hanya itu Penambangan batu bara yang dilakukan dengan terus menerus dapat menimbulkan dampak terhadap perubahan bentang alam, penurunan kesuburan tanah, terjadinya ancaman terhadap keanekaragaman hayati, penurunan kualitas air, penurunan kualitas udara serta pencemaran lingkungan.

Pentingnya menjaga alam bagi Manusia agar lingkungan yang kita tempati menjadi lebih bersih dan mendapat lebih banyak okesigen, hal ini bertujuan agar dapat terhindar dari polusi udara yang dapat memberikan efek buruk bagi kita.
Maka dari itu hakekat nya kita sebagai Manusia  ada baik nya kita bersama sama menjaga alam kita agar  terhindar dari pencemaran dan kerusakan yang diakibatkan oleh diri kita sendiri, jangan menunggu untuk memperbaiki tapi berusahalah untuk mencegah nya karna yang akan merasakan bukan hanya kita tetapi generasi kita selanjut nya.

Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan