Mohon tunggu...
Rizka Yenidiniarti
Rizka Yenidiniarti Mohon Tunggu... Lainnya - Saya adalah seorang Penyelenggara Hubungan Masyarakat di PPSDM Migas, satuan kerja di bawah Kementerian ESDM

PPSDM Migas merupakan pusat pengembanga SDM subsektor migas yang berada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah dan sebagai unit kerja di bawah Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral)

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

PT Pertamina Hulu Indonesia-Regional 3 dan PPSDM Migas Dalami Operasi Perawatan Sumur

30 November 2021   14:26 Diperbarui: 30 November 2021   15:07 44 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Seorang pengendali perawatan sumur dalam perusahaan pemboran minyak dan gas bumi serta panas bumi yang merupakan kegiatan yang padat modal, padat teknologi dan berisiko tinggi sangat dibutuhkan. 

Untuk menangani pekerjaan ini diperlukan tenaga yang mempunyai kompetensi dengan standar minimal sesuai yang telah ditetapkan dalam Standar Nasional Indonesia Kompetensi Tenaga Teknik Khusus Migas (TTK MIGAS) Bidang Perawatan Sumur.

Oleh karena itu Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) bekerja sama dengan PT Pertamina Hulu Indonesia - Regional 3 untuk menyelenggarakan pelatihan Perawatan Sumur yang diikuti oleh pekerjanya. Pelatihan tersebut diselenggarakan selama 2 (dua) hari, yakni dimulai pada hari Senin, tanggal      29 November 2021 sampai dengan tanggal 30 November 2021.

Selama mengikuti pelatihan tersebut, peserta pelatihan mendapatkan materi berupa Rig Equipment and Fishing Tools, Surface and Subsurface Equipment, Completion Fluids dan Well Control.

M. Samsul Hadi Alam, salah satu pengajar sekaligus pemimpin pelatihan tersebut, menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan tersebut adalah memberi bekal pengetahuan dan keterampilan kepada peserta pelatihan tentang teori dan praktik peralatan dan operasi perawatan sumur, ketika di hubungi melalu pesan singkat pada Selasa (30/11/2021).

"Kami berharap setelah mendapatkan materi yang kami sampaikan, semoga peserta mampu untuk mengaplikasikan teori dan praktik tentang operasi perawatan sumur serta kesehatan dan keselamatan kerja dalam pengoperasian peralatan perawatan sumur dengan menggunakan peralatan unit Hoist", tutur Samsul.

Samsul juga menambahkan bahwa setelah mengikuti pelatihan, peserta pelatihan juga akan mengikuti ujian sertifikasi Perawatan Sumur.

Salah satu peserta pelatihan, Muhammad Gunardi Oktaprianto juga mengungkap hal yang senada yakni, bahwa materi yang disampaikan sangat bermanfaat bagi pekerjaan ia sehari.

"Selama mengikuti pelatihan tersebut banyak sekali materi dan ilmu baru baru yang saya dapatkan, antara lain adalah Well Control dan Surface and Subsurface Equipment", tutup Gunardi. (source https://ppsdmmigas.esdm.go.id)

Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan