Mohon tunggu...
Rizka TiaraMaharani
Rizka TiaraMaharani Mohon Tunggu... Dosen - Dosen UPN Veteran Jawa Timur

Desain dan Arsitektur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Belajar Mengenal Flora dan Fauna Melalui Warna Warni Mural di PPT Mentari Gunung Sari Indah

19 Agustus 2022   16:34 Diperbarui: 19 Agustus 2022   16:53 1220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Proses Pekerjaan Mural Dinding/dokpri

Bermain adalah salah satu kegiatan yang disenangi oleh anak-anak tidak terkecuali dengan anak usia dini. Melalui bermain juga mereka belajar untuk mengembangkan kemampuan motorik, kognitif, serta afektif. Salah satu  yang disukai anak usia dini adalah warna-warni yang cerah dan beragam untuk menarik perhatian anak-anak.

Di Pos PAUD Terpadu (PPT) Mentari Gunung Sari Indah, Surabaya, Jawa Timur, kami dari UPN Veteran Jawa Timur yang berkolaborasi dengan Nippon Paint tergerak untuk memural dinding area bermain / playground yang dimiliki oleh PPT tersebut melalui gambar ilustrasi. Tim dari UPN Veteran diinisiasi oleh Rizka Tiara Maharani., ST., M.Ars, Yusvika Ratri Harmunisa., S.Ars., M.Ars, dan Ir Eva Elviana, MT beserta tim mahasiswa yaitu Latif Nur Wahid, Almahmudah, dan Cindy Octavianti. 

Sedangkan dari Nippon paint adalah Bapak Tossy dan tim. Selanjutnya, tema yang kami angkat adalah Flora dan Fauna. Tema tersebut diambil untuk membantu anak usia dini mengenal berbagai jenis tanaman dan hewan-hewan yang ada dekat dengan dunia anak. 

Ilustrasi mural tersebut dilakukan di dinding dengan luas kurang lebih 60 meter persegi. Beberapa fauna yang digambar adalah monyet, kelinci, burung, dinosaurus, gajah, ayam, domba, kucing, anjing, dan jerapah. Sedangkan flora yang ada seperti pohon pisang dan tanaman jenis monstera. Ilustrasi tersebut kemudian diberi warna beraneka ragam menggunakan cat Nippon Paint khusus exterior.

Selain untuk mengenalkan flora dan fauna, warna juga sangat mendukung perkembangan kognitif anak usia dini (Nityanasari D, 2020). Dengan mengenal warna, mereka akan mempelajari hal yang bersifat visual dan memori dua hal tersebut adalah salah satu bagian yang mendukung intelektual anak karena akan membuat indra dan otak saling terhubung (Nityanasari D, 2020). 

Perkembangan kognitif itu sendiri adalah keterampilan yang berkaitan dengan persepsi, pengetahuan, simbol, penalaran, dan pemecahan masalah (Kurniasih dkk, 2016; Ratnasari dkk, 2017; Fitri & Sembiring, 2018 di dalam Nityanasari D, 2020 ) . 

Murid PPT Mentari Berfose di Depan Dinding Mural/dokpri
Murid PPT Mentari Berfose di Depan Dinding Mural/dokpri

Sumber :

Kurniasih, E., Rachmiazasi,L., & Agustina,D.A. 2016. “Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini dalam Menyongsong Hidup Berkualitas Blanded Learning”. Jurnal Prosding Temu Ilmiah nasional Guru. Vol: VII, pp: 349-358.

Nityanasari, D., 2020. Alat Permainan Edukatif Pasak Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), pp.9-14.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun