Mohon tunggu...
Travel Pilihan

Kegiatan Pendakian

26 Desember 2018   15:04 Diperbarui: 26 Desember 2018   15:13 127 0 0 Mohon Tunggu...

Mendaki gunung adalah sebuah kegiatan yang banyak digeluti oleh banyak orang di indonesia,mendaki gunung bukan hanya tentang bergaya selfie didepan kamera untuk melihatkan kepada orang banyak untuk menunjukan bahwa kita telah menaklukan gunung tertentu,melainkan sebuah kegiatan yang harus memerlukan dan sebuah pengalaman dan pengetahuan  khusus yang yang hanya dimiliki oleh orang tertrentu.

 Peralatan yang dibutuhkan dalam pendakian sebenarnya bergantung pada tingkat kesulitan medan dan estimasi waktu pendakian yang diperlukan. Tetapi bagi para pendaki harus membawa air minum, makanan, map dan perlengkapan untuk melindungi dari hujan. 

Biasanya, sepatu yang digunakan untuk mendaki gunung adalah sepatu tracking/sepatu gunung dan tas ransel sebagai perlindungan untuk melewati wilayah bebatuan serta baik untuk membantu menjaga keseimbangan. 

Beberapa peralatan lain yang penting bagi pendaki adalah kompas, kacamata hitam, baju hangat, topi, sarung tangan, tongkat untuk mendaki, senter, peralatan P3K, pemantik api dan sebuah pisau. Peta atau peralatan GPS juga merupakan peralatan penting yang harus dibawa, ya meskipun bagi para pendaki alat2 ini mungkin jarang yang membawanya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa aktivitas mendaki ini juga memberikan dampak pada ekosistem alam yang dilalui. Tidak jarang banyaknya pendaki yang melalui lokasi tertentu menimbulkan kerusakan terhadap lingkungan alam yang dilewati. 

Ini bisa diakibatkan karena pendaki yang sering membuang sampah sembarangan di jalur pendakian, menginjak atau menjadikan tanaman tertentu hingga menyebabkan tanaman itu mati atau tercabut, dan lain sebagainya. 

Penumpukan sampah yang berlebihan di gunung akibat sampah yang dibuang oleh pendaki terjadi antara lain pada Gunung Rinjani. Bukan hanya masalah sampah dan tanaman yang mati, tetapi kotoran manusia juga mengakibatkan masalah tersendiri pada kondisi alam di gunung. Karena kotoran manusia ini bisa mencemari air dan membuat pendaki lainnya terserang penyakit. Masalah lainnya yaitu api, karena dapat menyebabkan kebakaran.

VIDEO PILIHAN