Mohon tunggu...
Fahrizal Satriarga
Fahrizal Satriarga Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

what u see, u become

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Urban Legend Kota Yogyakarta: Kisah Mistis dan Sejarah Goa Siluman

19 April 2021   14:59 Diperbarui: 19 April 2021   20:41 268 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Urban Legend Kota Yogyakarta: Kisah Mistis dan Sejarah Goa Siluman
dokumen pribadi

Apakah dari kalian pernah mendengar nama Goa Siluman? Dari namanya saja sudah tampak mengerikan, ya! Mitosnya, jika kita berkunjung ke Goa ini kita akan mendapat rejeki yang belimpah secara mendadak. 

Banyak cerita horror yang berkembang di masyarakat sejak dahulu. Bangunan yang tua dan goa yang gelap dan lembab menambah kesan mengerikan di goa ini. saking terlihat mengerikannya, Goa Siluman ini sudah berkali-kali didatangi stasiun tv untuk mengadakan uji nyali. 

Banyak sekali orang-orang yang datang ke sini berniat untuk berendam mencari (wangsit) agar mendapat rejeki, pesugihan katanya. Tapi apa faktanya memang begitu? Apa benar cerita mistis yang dibicaran masyarakat? Untuk itu kenalan dahulu yuk dengan sejarah Goa Siluman ini!

Di sini saya berkenalan dengan Bapak Seno, seorang penjaga di Goa Siluman yang merupakan juru penunggu di tempat tersebut. 

Bapak Seno berusia 57 tahun yang kesehariannya bekerja sebagai penjaga dan pemelihara situs budaya Goa Siluman yang diutus langsung oleh keraton Yogyakarta

Pak Seno menjelaskan sejarah dan kejadian horror yang beredar di masyarakat dimulai saat zaman dahulu, bertempat di Banguntapan pernah ada kerajaan di daerah Bantul, terbukti seperti adanya Gapuro Wonosari, panggungnya dulu ada di ringroad, tapi karena terpotong dengan ringroad panggung harus dihilangkan. 

Panggung itu berfungsi sebagai tempat pertemuan. Sebelah panggung terdapat Njamban atau  tempat untuk wudhu cuci tangan dan lain-lain, ada mata air yang mengalir di sana. Oleh karena itu yang paling sakral ada di Wonocatur karena sempat akan dibangun kerajaan namun gagal karena adanya penjajahan.

Goa Siluman versi Keraton dinamakan Goa Siluman bukan berarti di goa ini terdapat banyak siluman. Tetapi karena ini adalah lorong di bawah tanah yang tidak terlihat. Kenapa ada silumannya? 

Karena Siluwun Banguntopo berada di sebelah utaranya itu ada semacam bangunan yang diperuntukkan untuk membuat senjata khusus melawan Belanda. 

Zaman dahulu terdapat bentengnya, tapi berbentuk rumah biasa, tapi sebenarnya dibawahnya ada tempat untuk membuat senjata. Contohnya, dua meriam yang di Benteng Vredeburg itu dulu dibuatnya di Wonocatur itu. kenapa siluman? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN