Mohon tunggu...
Rizal Setyo Nugroho
Rizal Setyo Nugroho Mohon Tunggu... -

Silahkan dibaca

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Pengenalan Pendidikan Karakter Sejak Dini

18 Mei 2021   12:08 Diperbarui: 18 Mei 2021   12:19 105 2 0 Mohon Tunggu...

Melihat perkembangan zaman yang semakin modern ini banyak tantangan yang dihadapi orang tua mengenai mendidik anak-anaknya. Adanya globalisasi yang bisa saja berdampak terhadap karakter yang dimiliki oleh anak-anak saat ini.

Banyak kita lihat bahwa terdapat anak yang tidak memiliki perbuatan yang baik terhadap orang lain maupun dengan sesamanya maupun orang yang lebih dewasa.

Hal ini seharusnya membuat para orang tua lebih khawatir terhadap tingkah laku anak-anak mereka. Terlebih lagi di era sekarang ini telah banyak anak kecil yang sudah mengenal gadget.

Orang Tua Harus Bergerak Cepat  

Peran orang tua sangatlah penting dalam menumbuhkan karakter seorang anak. Hal ini dikarenakan orang tua merupakan orang pertama yang dapat mendidiknya dengan baik sebelum orang lain dan lingkungannya.

Tetapi terkadang orang tua acuh terhadap bagaimana perkembangan anaknya. Banyak orang kota yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya dan membiarkan anaknya tanpa didikan yang baik.

Hal inilah yang membuat karakter yang dimiliki oleh anak kurang kuat. Seorang anak akan menjadi mudah dalam menerima hal yang baru tanpa tahu benar dan tidaknya. Oleh karena itu seharusnya orang tua setidaknya memberikan perhatian dan pendidikan kepada anaknya tentang hal yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan. Sehingga seorang anak memiliki karakter yang baik untuk ke depannya.

Keberadaan Gadget Harus Dibatasi 

Hal yang penting dalam era saat ini adalah gadget. Untuk saat ini telah banyak anak kecil yang sudah memiliki gadget padahal masih seorang anak kecil. Pemberian gadget tehadap anak akan berdampak kurang baik jika orang tua tidak memperhatikannya dengan baik.

Banyak orang tua yang membiarkan anaknya bermain gadget dengan seenaknya. Padahal di dalam gadget masih saja terdapat hal yang buruk bagi anak. Contohnya media sosial, dimana banyak tayangan yang seharusnya tidak dilihat oleh anak kecil.

Anak kecil bisa saja akan meniru apa yang dilihatnya karena rasa penasaran yang begitu tinggi. Oleh karena itu orang tua juga harus membatasi dan juga mengawasi anaknya ketika bermain gadget.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN