Mohon tunggu...
Rizal Surya Pratama
Rizal Surya Pratama Mohon Tunggu... Hanya Seorang Blogger Daerah dan web 123berita.com

Ga ada yang harus diisi karena belum tahu mau diisi apa.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Tak Perlu Bingung, Ini Dia Cara Perawatan Bayi Baru Lahir

2 Juni 2021   16:14 Diperbarui: 2 Juni 2021   16:23 52 2 0 Mohon Tunggu...

Halo Bunda, selamat ya atas kelahiran buah hatinya. Pasti senang dong ya, akhirnya bisa menimang bayi setelah menantikan sekian lama. Nah Bunda, kini saatnya bagi Anda untuk mulai memerhatikan perawatan bayi baru lahir.

Ya, merawat si kecil memang tak segampang yang dibayangkan. Selain dibutuhkan ketenangan, ketelatenan, dan kesabaran, Bunda juga perlu memahami karakteristik bayi dan tak boleh asal menggunakan produk perawatan bayi. Merawat bayi baru lahir memang harus ekstra hati-hati, mengingat sistem imunnya masih sangat lemah sehingga gampang terkena penyakit.

Lantas, hal-hal apa sajakah yang perlu diperhatikan dalam perawatan bayi baru lahir? Berikut ulasannya.

  • Perawatan tali pusat

Bayi baru lahir pastinya memiliki tali pusat yang masih melekat. Tali pusat ini tak boleh asal dipotong, melainkan cukup dibiarkan saja bersama plasenta hingga terputus sendiri. Karenanya, di sini dibutuhkan teknik perawatan secara benar dan tepat, mengingat jika terjadi kesalahan bisa memicu terjadinya infeksi.

Adapun cara perawatannya, yakni tali pusat yang masih menempel tak perlu dibungkus kain kasa. Selain itu, luka tali pusat juga tak perlu dibungkus biar cepat kering dan mendapat sirkulasi oksigen. Bunda juga tak disarankan memberikan berbagai ramuan tanpa petunjuk dokter.

Sementara untuk membersihkan tali pusat, Anda hanya perlu menggunakan spons atau kain lembut biar cepat kering. Perlu diketahui Bunda, perawatan seperti ini perlu dilakukan satu hingga dua pekan sampai tali pusat benar-benar putus. Selanjutnya, Anda cukup membersihkannya dengan baby oil.

  • Perawatan kulit bayi

Kulit bayi baru lahir masih sangat sensitif sehingga memerlukan perawatan ekstra hati-hati. Jika salah dalam perawatan, praktis hal itu akan membuat kulit si kecil gampang terkena penyakit. Kondisi kulit yang masih sangat sensitif juga membuat bayi mudah terkena infeksi, seperti gatal-gatal, biang keringat hingga ruam merah sehingga dibutuhkan perawatan kulit bayi baru lahir secara hati-hati.

  • Gunakan produk perawatan yang tepat

Pada perawatan bayi baru lahir tidak dianjurkan menggunakan produk perawatan secara sembarangan. Pilihlah produk perawatan yang tepat, tidak menimbulkan iritasi dan alergi. Adapun ciri-ciri produk perawatan bayi baru lahir, yakni tidak mengandung paraben, alkohol, pewangi buatan, atau pun berbagai bahan kimia lainnya.

  • Atur suhu dan sirkulasi udara

Sementara guna mencegah biang keringat yang bisa muncul pada kulit si kecil, Bunda bisa mengatur suhu ruangan senyaman mungkin bagi buah hati Anda. Sirkulasi udara juga perlu diatur sebaik mungkin agar lancar dan tidak menjadikan kamar lembab yang bisa mengganggu kesehatan sang buah hati.

  • Perawatan kuku

Salah satu bagian tubuh bayi yang perlu mendapat perhatian adalah kuku. Perawatan kuku perlu dilakukan secara rutin. Hal ini penting agar buah hati Anda senantiasa terhindar dari virus maupun bakteri yang masuk ke mulut dan tubuhnya. Kuku bayi perlu dipotong secara berkala menggunakan gunting kuku khusus bayi.

  • Perawatan mata

Mata bayi gampang sekali mengeluarkan kotoran. Oleh karenanya, Anda harus rajin merawatnya, yakni dibersihkan menggunakan kapas steril yang telah dibasahi dengan air hangat. Adapun cara membersihkannya, yakni dengan mengusap dari dalam keluar. Kapas atau cotton bud untuk membersihkan hanya boleh digunakan sekali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x