Mohon tunggu...
Rizal Bagus Permana
Rizal Bagus Permana Mohon Tunggu... Foto/Videografer - saya mahasiswa Desain Produk ITATS tahun 2016. Saya selalu ingin mempelajari hal-hal baru yang menarik buat saya. Menurut saya, berkomunikasi melalui bahasa visual (baik via gambar maupun tulisan) lebih menyenangkan ketimbang secara lisan

Analisis dengan menggunakan sudut pandang ilmu fotografi yang didapakan dari khidmah selama ini

Selanjutnya

Tutup

Film

Sunan Muria Cosplayer Brother Voodoo

11 Januari 2021   11:40 Diperbarui: 11 Januari 2021   15:02 659 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
SAHABAT VEKTOR SUNAN MURIA COSPLAY FILM BROTHER VOODOO (@Sahabat Vektor) 

Kisah Sunan Muria


Nama aslinya adalah Raden Umar Said, waktu kecil ia juga dikenal dengan nama Raden Prawoto. Beliau adalah putra Sunan Kalijaga dari seorang ibu bernama Dewi Saroh. Sunan Muria menikah dengan Dewi Sujinah (kakak Sunan Kalijaga), putri Sunan Ngudung. Dari perkawinan ini beliau dikaruniai seorang putra bernama pangeran Santri yang kemudian terkenal dengan sebutan Sunan Ngadilangu.

Diantara para wali, beliau merupakan wali yang paling muda, namun beliau dikenal giat dalam menyiarkan agama Islam. Dalam menyiarkan Islam beliau termasuk penganut aliran Sunan Kalijaga, yakni bersikap bersahabat dengan adat-adat lama yang ada. Beliau hampir tidak memberontak terhadap adat masyarakat masa itu, dan hanya bersikap mewarnainya dengan corak Islam. Dengan demikian dalam waktu singkat saja, banyak para pelayan, para pedagang dan juga rakyat biasa yang menjadi pengikut beliau.

Sebagai alat berdakwah Sunan Muria banyak mempergunakan gamelan. Dengan membunyikan gamelan, Orang-orang berdatangan untuk mendengarkan. Dalam kesempatan itu dipergunakannya untuk memberikan ajaran Islam sebagai selingan, dan beliaulah yang telah menciptakan tembang Kinanti dan Sinom. Ketika masih muda Sunan Muria ikut bersama ayahnya membangun kembali Masjid Agung Demak. Beliau juga merupakan penyokong setia Dinasti Demak.

Tentang sikap beliau dalam berdakwah, menurut berbagai sumber mempunyai kesamaan dengan sikap ayah beliau (Sunan Kalijaga). Sampai-sampai dikabarkan bahwa beliau suka Topo Ngeli (bersemedi dengan menghanyutkan diri di sungai). Padahal sebenarnya tidak demikian, Ngeli artinya dalam berdakwah Sunan Muria mengikuti apa yang ada dalam masyarakat untuk selanjutnya mempengaruhinya terhadap ajaran Islam.


Kisah Brother Voodo


Jericho Drumm kembali ke tempat asalnya, Haiti setelah 12 tahun menjalani pendidikan dan praktek sebagai seorang psikolog di Amerika Serikat. Sesampainya di Haiti, ia menemukan fakta bahwa saudara kembarnya, Daniel Drumm, yang seorang Houngan (dukun ilmu Voodoo) sedang sekarat. Ia adalah korban dari voodoo tukang sihir yang mengaku dirasuki oleh arwah dewa ular yaitu Damballah. Tepat sebelum ia meninggal, Daniel membuat sumpah agar saudaranya mau mengunjungi mentor Daniel, Papa Jambo. Jericho pun melaksanakan keinginan saudaranya. Jericho kemudian menjadi murid Papa Jambo.

Setelah belajar di bawah bimbingan Houngan tua selama beberapa minggu, Jericho memiliki kemampuan penguasaan ilmu voodoo yang lebih hebat dari saudaranya sendiri dan ia pun menjadi seorang Houngan. Papa Jambo kemudian melakukan ritual yang memanggil roh Daniel dari kematian dan bersatu dengan jiwa Jericho sendiri. Setelah menemukan pengganti yang layak bagi seorang Houngan, Papa Jambo akhirnya meninggal dunia.

Mengambil nama "Brother Voodoo", Jericho menantang pendeta yang memiliki nama yang sama dengan dewanya, yaitu Damballah. Dengan bantuan roh saudaranya, Daniel Drumm merasuki salah satu anggota kelompok kultus, Jericho mengambil artefak kekuatan Damballah (Wangal), menyebabkan ular Damballah kembali pada dirinya dan menghancurkan kultus Damballah ini. Brother Voodoo menjadi juara dan seorang houngan tertinggi di Haiti, dan menetapkan sebuah rumah luas sebagai basis operasi. Dia menempatkan wangal di tempat yang aman, kombinasi hanya diketahui Brother Voodoo dan hamba laki-lakinya, Bambu. Brother Voodoo memiliki banyak kekuatan mistik dan metafisik yang berasal dari Loa, arwah dewa voodoo. Dia bisa dengan mudah masuk ke dalam sebuah daerah di mana ia tidak merasakan panas dari api dan kulitnya menjadi tahan terhadap pembakaran. Brother Voodoo juga dapat mengontrol api dan bentuk kehidupan yang lebih rendah. Ilmu sihir Brother Voodoo dapat membuat asap disertai bunyi drum. Asap menyembunyikan kehadirannya sementara itu ia sebaliknya, mampu melihat ke sekitarnya. Selain itu, ada juga kemampuan untuk memerintah makhluk hidup tertentu dengan semacam mistik hipnotisme, paling efektif pada hewan dan tumbuhan. Dia bisa memanggil Loa untuk meminta mentransportasi seketika untuk dirinya dan orang lain jika mereka menganggap perlu untuk misinya. Brother Voodoo juga bisa memanggil roh saudaranya Daniel Drumm dari dalam tubuhnya, yang menggandakan kekuatannya sendiri. Dia dapat mengirim arwah untuk merasuki tubuh orang lain dan kemudian memiliki kontrol total terhadap semua tindakan mereka. Dia memiliki pengetahuan luas tentang Voudoun (voodoo) berkat pelatihan oleh Papa Jambo, serta obat-obatan konvensional dan psikologi dengan gelar Ph.D. dalam psikologi.

Dia mengenakan medali mistik yang berfungsi sebagai fokus kekuatan dan sebagai fokus untuk kontak dengan Loa. Dia juga pernah beberapa kali menggunakan senjata api konvensional. Penunjukan Brother Voodoo sebagai Sorcerer Supreme yang baru telah memberikan kepadanya tidak hanya kekuatan Mata Agamotto, tetapi juga Jubah Levitation dan Kitab Pengetahuan, yang sebelumnya dimiliki Doctor Strange.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan