Mohon tunggu...
Riza Hariati
Riza Hariati Mohon Tunggu... Information addict

SAYA GOLPUT!!!! Tulisan yang saya upload akan selalu saya edit ulang atau hapus tergantung mood. Jadi like dan comment at your own risk. You've been warned!

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

12 Tips Makeup Awet Muda untuk Usia 40-an

17 Juni 2019   08:26 Diperbarui: 17 Juni 2019   12:42 0 14 7 Mohon Tunggu...
12 Tips Makeup Awet Muda untuk Usia 40-an
Ilustrasi (Thinkstockphotos)

Saya bukan Makeup Artist (MUA), bahkan bertahun-tahun belajar menggunakan makeup, tetap tidak bisa mencapai level MUA professional. Jadi semua tips yang saya berikan di sini, lebih untuk membagi pengalaman saya, yang didasarkan kepada tipe wajah dan kulit saya yang sudah 43 tahun ini. 

Mencapai usia 40-an, kulit akan secara alami mengalami perubahan. Apa yang cocok di usia 20 tahun, atau setidaknya ditoleransi kulit, kadang tidak akan bisa lagi digunakan sekarang. Mungkin nanti di usia 60-an akan berbeda lagi, siapa tahu?

Berikut tipsnya:

1. Cari brand dan warna yang cocok
Bukan yang mahal, murah, terkenal, tetapi yang formulanya cocok. Ini wajib. Karena setiap brand makeup memiliki formula tersendiri yang bereaksi berbeda-beda terhadap jenis kulit. Makeup menempel di muka kita dalam jangka waktu lama, jika tidak cocok, maka akan membuat kulit akan jadi lebih cepat rusak. Cepat atau lambat.

Kalau sudah telanjur beli, maka relakanlah, berikan kepada orang lain atau dibuang saja. Lebih baik tidak pakai makeup dulu, ketimbang pakai makeup yang salah. 

Sayangnya tidak ada jalan pintas untuk menemukan brand yang cocok, sekalipun ada rekomendasi dari influencer makeup, Anda harus mencoba-coba sendiri. *sedikit menangis teringat makeup saya yang terpaksa direlakan

2. Bersihkan muka dengan baik 
Sebelum tidur dan sebelum menggunakan makeup, pastikan muka dalam keadaan bersih. Kulit yang bisa bernafas lega adalah kulit yang awet muda. Pakai pembersih makeup dan sabun pembersih wajah. Jangan pakai sabun mandi, terlalu keras formulanya untuk wajah.

Muka yang bersih juga akan membuat Makeup menempel dengan lebih baik.

3. Jangan pakai scrub yang kasar

Kulit beregenerasi secara teratur setiap menit, kulit akan mati dan digantikan oleh kulit baru. Lalu kulit mati akan secara alami luruh sendiri. 

Saat kita mencapai usia 40-an, peluruhan kulit mati akan melambat, sehingga kulit akan terlihat lebih kusam. Banyak orang menggunakan scrub dengan butiran-butiran halus untuk mempercepat peluruhan ini. Biasanya saat pertama-tama menggunakan scrub, kulit memang terlihat lebih kinclong. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
KONTEN MENARIK LAINNYA
x