Mohon tunggu...
Mohammad Rizafanani
Mohammad Rizafanani Mohon Tunggu... Mahasiswa

.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ikmameba (Ikatan Mahasiswa Metropolitan Barat)

31 Oktober 2019   17:19 Diperbarui: 31 Oktober 2019   17:33 117 0 0 Mohon Tunggu...

Kelompok formal adalah suatu kelompok atau organisasi berstruktur dan mempunyai peraturan yang sengaja dibuat dan disepakati oleh anggotanya. 

Disini saya mengambil contoh sebuah organisasi yang berada di Institut Agama Islam Negeri Jember, organisasi itu bernama IKMAMEBA

IKMAMEBA adalah Ikatan Mahasiswa Metropolitan Barat merupakan organisasi Primordial (Kedaerahan) yang mempunyai cita-cita luhur dalam mengawal, memperjuangkan dan memajukan masyarakat wilayah barat baik dalam ranah pendidikan, perekonomian, politik, hukum dan budaya. 

Pada waktu itu ditahun 2015, kondisi mahasiswa asli tanah kelahiran Wilayah barat yang menempuh kuliah di perguruan tinggi IAIN Jember mengalami sebuah kegalauan, karena melihat Organisasi Daerah (ORDA) di kampus IAIN Jember semakin banyak sehingga membuat mahasiswa yang berasal dari wilayah barat mempunyai keinginan kuat dan spirit juang bersama untuk mendirikan Organisasi Daerah (ORDA) layaknya mahasiswa-mahasiswi dari kota-kota lainnya yang ada di kampus IAIN Jember. Selain persoalan tersebut, mahasiswa yang berasal dari Wilayah Barat tidak terorganisir secara koordinatif dan sistematis.

IKMAMEBA sebagai organisasi kedaerahan di IAIN Jember lahir pada tanggal 09 September 2015. Ada pun penggagas berdirinya adalah sahabat Sumaidi yang biasa dipanggil dengan sapaan akrabnya Cak Medy. Cak medy adalah Mahasiswa aktif IAIN jember yang pada saat ini menempuh Prodi Perbankan syariah, dimana waktu beliau masih semester III tahun 2015 ada keinginan untuk mendirikan ORDA (Organisasi Daerah) sebagai wadah bagi para Mahasiswa yang berasal dari daerah kulon (pasuruan ke barat) karena menurutnya menjadi Mahasiswa perantauan tidaklah mudah yang harus jauh dari keluarga, seperti pepatah mengatakan "merantaulah agar kau tau kerasnya kehidupan". 

Kemudian setelah mahasiswa baru mulai aktif kuliah, cak medy mencoba mengumpulkan mahasiswa-mahasiswi dari wilayah barat dimana kumpulan pertama diletakkan di depan Gedung rektorat IAIN Jember dan alhamdulillah antusiasme mahasiswa baru pada saat itu cukup banyak dibuktikan dengan yang hadir berjumlah 30-an.

Pada awalnya IKMAMEBA belum mempunyai nama seperti sekarang, karena cak medy sendiri tidak menginginkan ORDA (Organisasi Daerah) ini atas paksaannya sendiri melainkan atas rembuk bersama dengan adik-adik mahasiswa yang berasal dari wilayah barat angkatan 2015, akhirnya lambat laun dibentuklah nama IKMASEBA (Ikatan Mahasiswa Sektor Barat) sebelum disepakati menjadi IKMAMEBA (Ikatan Mahasiswa Metropolitan Barat), setelah terbentuk nama IKMAMEBA (Ikatan Mahasiswa Metropolitan Barat) cak medy memberikan saran agar membentuk kumpulan rutinitas disetiap minggu satu kali sehingga disepakati untuk mengadakan kumpulan disetiap malam rabu pada saat itu, namun karena beberapa kendala akhirnya kumpulan rutinan diganti setiap malam kamis yang biasa kita jalankan saat ini.

Seiring berjalannya waktu, semangat teman-teman IKMAMEBA (Ikatan Mahasiswa Metropolitan Barat) mulai memudar, karena beberapa alasan tertentu dan tidak bisa dipungkiri karena rasa kejenuhan mereka untuk berkumpul, cak medy selaku perintispun bingung harus mempoles seperti apa? agar IKMAMEBA (Ikatan Mahasiswa Metropolitan Barat) tetap berdiri kokoh, namun harapan itu tetap antiklimaks, hingga hampir satu tahun berjalan IKMAMEBA (Ikatan Mahasiswa Metropolitan Barat) terasa vakum, barulah setelah tahun ajaran baru 2016 semangat itu tumbuh lagi untuk menjalakan IKMAMEBA (Ikatan Mahasiswa Metropolitan Barat) sesuai dengan cita-cita sebelumnya.

Sejarah telah mencatat sejak lahir dan didirikanya IKMAMEBA (Ikatan Mahasiswa Metropolitan Barat) walupun masih berusia empat tahun lamanya sampai saat ini, secara otomatis sudah melakukan tiga kali pergantian kepengurusan. Oleh karenanya, pergantian pengurus dan Pengenalan Anggota Baru IKMAMEBA (PEKABA) sebagai rekrutmen proses jenjang kaderisasi formal IKMAMEBA (Ikatan Mahasiswa Metropolitan Barat) dimana merupakan kegiatan yang harus diperhatikan dan selalu dilaksanakan setiap tahunnya agar eksistensi IKMAMEBA bertahan sepanjang hayat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x