Mohon tunggu...
M Rizal Ibrahim
M Rizal Ibrahim Mohon Tunggu... 201760212

Keep moving forward.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Metode Pengumpulan Data dan Perbedaan Masing-masing Macamnya

24 Mei 2021   20:45 Diperbarui: 24 Mei 2021   21:14 39 1 0 Mohon Tunggu...

Suatu penelitian pasti diperlukan topik penelitian hingga metode pengumpulan data yang akan di gunakan. Persiapan yang matang perlu dilakukan oleh peneliti agar penelitian dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kita dapat mengetahui apa itu metode pengumpulan data lengkap beserta perbedaan dari masing-masing metode pengumpulan data yang digunakan dalam artikel ini.

Metode Pengumpulan Data dan Perbedaan Masing-Masing Macamnya
Metode pengumpulan data  merupakan salah satu langkah yang tidak boleh disepelekan. Hal ini menjadi salah satu bagian penting selama melakukan suatu penelitian. Metode pengumpulan data adalah metode atau teknik atau cara yang dilakukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk penelitian agar tujuan penelitian dapat tercapai.

Metode pengumpulan data terdiri dari beberapa macam. seperti : wawancara, observasi, survei atau dengan angket dan juga studi dokumen. Metode pengumpulan data ini dapat digunakan secara sendiri-sendiri. suatu kelompok ataupun dengan menggabungkan dua metode pengumpulan data atau lebih. Penentuan metode pengumpulan data dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing peneliti dalam mencapai tujuan penelitian.

Macam-macam metode pengumpulan data ini tentu memiliki cara masing-masing dan juga perbedaan yang sangat signifikan antara macam yang satu dengan macam yang lainnya. Metode pengumpulan data yang dapat kita pilih untuk menuntaskan penelitian kita antara lain:

1. Wawancara :  Wawancara dilakukan secara langsung atau tatap muka dengan melangsungkan tanya jawab langsung antara peneliti dan narasumber. Wawancara dapat dilakukan secara terstruktur maupun tidak terstruktur.

2. Kuesioner : Kuesioner dilakukan dengan cara mengajukan sepaket pertanyaan yang sudah sesuai dengan tujuan penelitian dengan tolok ukur tertentu. seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Kuesioner atau angket ini terbagi menjadi angket terbuka dan angket tertutup.

3. Observasi : Observasi dilakukan dengan cara meninjau langsung dengan panca indra yang dimiliki. Metode pengumpulan data ini cukup tergolong kompleks karena melibatkan berbagai faktor dalam pelaksanaannya. Metode pengumpulan data ini dapat dilakukan dengan langsung berpartisipasi ataupun tidak langsung.

4. Studi Dokumen : Studi Dokumen dilakukan dengan meneliti berbagai macam dokumen yang reliabel untuk dijadikan sebagai bahan analisis. Dokumen yang dapat digunakan dalam metode pengumpulan data ini dibedakan menjadi dua yaitu dokumen primer dan dokumen sekunder.
Pengetahuan mengenai macam-macam metode pengumpulan data dan perbedaan dari masing-masing metode pengumpulan data menjadi bekal bagi kita yang sedang akan melakukan suatu penelitian.

VIDEO PILIHAN