Matematika merupakan cabang ilmu pengetahuan yang memegang peranan penting dalam kehidupan manusia dan menjadi dasar bagi ilmu-ilmu pengetahuan yang lainnya. Mengingat pentingnya peranan matematika, maka matematika menjadi salah satu mata pelajaran pokok di sekolah mulai dari Sekolah Dasar sampai dengan Perguruan Tinggi (Yensy, NA: 2015).
Namun permasalahannya, saat ini sistem pendidikan dihadapkan dengan situasi yang menuntut para pengajar untuk dapat menguasai media pembelajaran jarak jauh, terutama pada masa wabah pandemi Covid-19 ini.Â
Sistem pendidikan jarak jauh menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran tatap muka dengan adanya aturan social distancing mengingat permasalahan waktu, lokasi, jarak dan biaya yang menjadi kendala besar saat ini (Kusuma, JW; Hamidah: 2020).
Saat situasi wabah Pandemi Covid-19 ini melanda dunia termasuk Indonesia hingga kini belum berakhir, hampir semua pendidik menggunakan pembelajaran jarak jauh (tidak face to face). Interaksi pendidik dan peserta didik dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, misal dengan melakukan chatting lewat koneksi internet (langsung) maupun dengan berkirim email (tidak langsung) untuk sekedar mengumpulkan tugas (Rahmawati, 2016)
Saat ini sistem pendidikan dihadapkan dengan situasi yang menuntut para pengajar untuk dapat menguasai media pembelajaran jarak jauh, terutama pada masa wabah pandemi Covid-19 ini.
Sistem pendidikan jarak jauh menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran tatap muka dengan adanya aturan social distancing mengingat permasalahan waktu, lokasi, jarak dan biaya yang menjadi kendala besar saat ini.
Salah satu metode pembelajaran jarak jauh yang digunakan adalah menggunakan WhatsApp Group. Whatsapp Group merupakan salah satu media pembelajaran jarak jauh yang sudah familiar dan sering digunakan.Â
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas pembelajaran Statistika Matematika dengan menggunakan media WA Group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa.
Namun, apakah efektif melalukan pembelajaran melalui WhatsApp Group?
Berdasarkan hasil temuan penelitian yang telah di upload di Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, berikut diperoleh kekurangan dan kelebihan selama pembelajaran dengan menggunakan WA Group berlangsung:
 Kelebihannya:
1) Pertanyaan dari mahasiswa langsung direspon saat pembelajaran sehingga lebih efektif dan mudah dipahami oleh mahasiswa.
2) Mahasiswa lebih aktif menyelesaikan soal-soal latihan 3) Materi yang diberikan dosen baik berupa slide power point, video maupun dalam bentuk catatan langsung dapat dibuka di WA Group.
 4) Mahasiswa bisa saling berdiskusi dengan mahasiswa lain jika ada soal-soal yang belum terselesaikan dan belum dijawab dosen.
5) Lebih hemat quota
6) Materi dan bahan diskusi bisa di save langsung oleh mahasiswa sehingga mereka bisa menyelesaikan soal-soal latihan sambil mengulang dan membaca materi.
Sedangkan kekurangannya adalah:
1) Mahasiswa berada di lokasi yang berbeda dengan kekuatan sinyal yang berbeda pula, sehingga tidak sedikit yang mengeluhkan kesulitan sinyal untuk dapat bergabung selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini mengakibatkan mahasiswa ketinggalan materi karena tidak tepat waktu mengikuti kegiatan pembelajaran.
2) Banyaknya chat di WA Group membuat memori Hp penuh sehingga koneksi internet menjadi lambat.
3) Jika chat sudah banyak, maka untuk cukup ribet karena harus menscrool lagi Hp ke atas agar bisa mengikuti jalannya diskusi selama pembelajaran berlangsung Berikut gambar contoh aktifitas mahasiswa ketika pembelajaran dengan menggunakan WA Group berlangsung
Sehingga dapat disimpulkan bahwa Perkuliahan Mata Kuliah Statistika Matematika dengan menggunakan media WhatsApp Group cukup efektif jika dilihat dari hasil belajar mahasiswa. Hasil belajar mahasiswa setelah perkuliahan dengan menggunakan WA Group lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa sebelum perkuliahan dengan menggunakan WA Group.