Mohon tunggu...
Riyanda Fani
Riyanda Fani Mohon Tunggu... MAHASISWA UIN SUMATERA UTARA

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI JURUSAN MATEMATIKA KELOMPOK KKN-DR 75 UIN SUMATERA UTARA

Selanjutnya

Tutup

Digital

Pembelajaran Ilmu Statistika Menggunakan Metode Daring di Tengah Pandemi Covid-19, Efektifkah?

8 Agustus 2020   16:30 Diperbarui: 8 Agustus 2020   16:36 481 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembelajaran Ilmu Statistika Menggunakan Metode Daring di Tengah Pandemi Covid-19, Efektifkah?
freepik.com

Matematika merupakan cabang ilmu pengetahuan yang memegang peranan penting dalam kehidupan manusia dan menjadi dasar bagi ilmu-ilmu pengetahuan yang lainnya. Mengingat pentingnya peranan matematika, maka matematika menjadi salah satu mata pelajaran pokok di sekolah mulai dari Sekolah Dasar sampai dengan Perguruan Tinggi (Yensy, NA: 2015).

Namun permasalahannya, saat ini sistem pendidikan dihadapkan dengan situasi yang menuntut para pengajar untuk dapat menguasai media pembelajaran jarak jauh, terutama pada masa wabah pandemi Covid-19 ini. 

Sistem pendidikan jarak jauh menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran tatap muka dengan adanya aturan social distancing mengingat permasalahan waktu, lokasi, jarak dan biaya yang menjadi kendala besar saat ini (Kusuma, JW; Hamidah: 2020).

Saat situasi wabah Pandemi Covid-19 ini melanda dunia termasuk Indonesia hingga kini belum berakhir, hampir semua pendidik menggunakan pembelajaran jarak jauh (tidak face to face). Interaksi pendidik dan peserta didik dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, misal dengan melakukan chatting lewat koneksi internet (langsung) maupun dengan berkirim email (tidak langsung) untuk sekedar mengumpulkan tugas (Rahmawati, 2016)

Saat ini sistem pendidikan dihadapkan dengan situasi yang menuntut para pengajar untuk dapat menguasai media pembelajaran jarak jauh, terutama pada masa wabah pandemi Covid-19 ini.

Sistem pendidikan jarak jauh menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran tatap muka dengan adanya aturan social distancing mengingat permasalahan waktu, lokasi, jarak dan biaya yang menjadi kendala besar saat ini.

Salah satu metode pembelajaran jarak jauh yang digunakan adalah menggunakan WhatsApp Group. Whatsapp Group merupakan salah satu media pembelajaran jarak jauh yang sudah familiar dan sering digunakan. 

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas pembelajaran Statistika Matematika dengan menggunakan media WA Group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa.

Namun, apakah efektif melalukan pembelajaran melalui WhatsApp Group?

Berdasarkan hasil temuan penelitian yang telah di upload di Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, berikut diperoleh kekurangan dan kelebihan selama pembelajaran dengan menggunakan WA Group berlangsung:

 Kelebihannya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x