Mohon tunggu...
RIYAN MUSOFADILLAH
RIYAN MUSOFADILLAH Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi saya memancing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN 2022 Universitas Panca Marga Probolinggo: Penyerahan Alat Destilasi Minyak Atsiri dan Maping Peta Kelurahan Kedung Asem

31 Agustus 2022   15:55 Diperbarui: 31 Agustus 2022   15:57 95 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rabu, 31 Agustus 2022 -- Probolinggo, Pasca pandemi covid19, perekonomian masyarakat di beberapa wilayah mengalami sedikit kesulitan. Salah satunya Kelurahan Kedung Asem Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo yang terkena dampak dari pandemi covid-19. Lokasi ini merupakan lokasi mahasiswa KKN Universitas Panca Marga probolinggo dengan mengunsung Tema KKN yaitu pemberdayaan masyarakat untuk pulih lebih cepat, tumbuh lebih kuat. Maka mahasiswa Kuliah kerja Nyata (KKN) Universitas Panca Marga probolinggo berusaha mencintapkan inovasi alat destilasi minyak atsiri dari tumbuhan liar yang sering dijumpai di kelurahan kedung asem kecamatan wonoasih kota probolinggo yaitu tumbuhan serai.

Inovasi tersebut yakni inovasi pembuatan alat destilasi minyak atsiri dari bahan baku serai tujuan dari inovasi ini adalah untuk meningkatkan nilai dari tumbuhan serai . hasil inovasi ini sebelumnya sudah dilakukan uji coba beberapa kali agar menciptakan minyak atsiri yang berkualitas tinggi.

Penyerahan hasil inovasi ini dilakukan di kantor kecamatan wonoasih kota probolinggo dalam hal ini langsung diterima oleh bapak camat wonoasih, Plt lurah kedung asem beserta pejabat kelurahan kedung asem . Alat destilasi ini merupakan bentuk nyata pengabdian mahasiswa KKN Kelurahan Kedung asem untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh kelurahan. Penyerahan hasil inovasi ini merupakan program kerja ungulan dari mahasiswa KKN kelurahan kedung asem .

(Dokpri)
(Dokpri)

Bapak Camat Wonoasih dan Plt Lurah Kedung asem sebagai perwakilan, memberikan apresiasinya tinggi terhadap hasil inovasi Alat Destilasi minyak atsiri ini. Beliau berharap bahwa kedepannya akan ada inovasi lain minyak atsiri dari tumbuhan yang berada di kelurahan kedung asem. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, baik untuk mahasiswa KKN kelurahan Kedung asem  maupun bagi masyarakat Kedung asem.

(Dokpri)
(Dokpri)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan