Mohon tunggu...
Riyadz Aqsha
Riyadz Aqsha Mohon Tunggu... Hamba Allah

Bocah Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Kenapa Aku Harus Membaca?

5 Agustus 2020   19:07 Diperbarui: 5 Agustus 2020   19:02 4 0 0 Mohon Tunggu...

Membaca merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang dalam melihat dan memahami apa yang tertulis. Kegiatan membaca tentu pernah dilakukan oleh semua orang yang telah mengenal baca dan tulis. Semua orang tidak dapat dihalangi untuk membaca dalam artian semua orang diberi kebebasan dalam membaca pada zaman ini.

Kegiatan yang dinamakan membaca sering kali membuat orang merasa takut dan merasa bosan akan kegiatan ini, kegiatan ini akan memberikan citra 'kutu buku' ya kan ? bagi orang yang selalu bergelut dengan buku alias membacanya. Atau bahkan orang yang senantiasa membaca acapkali dikatakan seorang yang anti-sosial alias yang suka menyendiri.

Ketakutan akan kegiatan membaca seolah-olah telah menghantui masyarakat pada saat ini dengan alasan yang beragam, salah satu alasan yang sering terucap yaitu rasa bosan yang didapatkan dari membaca bukan ?. rasa bosan yang timbul merupakan sebab kita tidak mencintai kegiatan yang sedang kita lakukan. Coba kita bayangkan apabila membaca itu merupakan kegiatan yang paling kita cintai seperti bermain gawai atau bahkan lainya, tentu kita akan merasa asyik bukan bermain dengan buku ? jawab dihati ya.

Pernahkah terbesit dipikiran Anda bahwa orang yang suka membaca merupakan orang yang sok pintar atau sok rajin ?. Seseorang yang senantiasa membaca bukan merupakan orang yang sok pintar atau bahkan sok rajin. Alasanya orang yang suka membaca tersebut Ia mengetahui akan kekurangannya akan informasi, pengetahuan, dan lainya sehingga Ia selalu merasa dirinya serba kekurangan, toh apa yang menyebabkan orang lain mengatakan Ia sok pintar ?. 

Selanjutnya membaca akan memberikan efek yang dapat menciptakan atmosfer bagi pembacannya merasa kekurangan dalam pengetahuan sehingga pembaca berusaha terus menerus untuk menggali informasi. Sebab Ia mengetahui semakin Ia belajar semakin Ia tau bahwa ilmu yang ada pada dirinya itu masih sedikit.

Ada sebuah pribahasa yang mengatakan bahwa dalam belajar kita perlu menerapkan prinsip padi yaitu semakin berisi maka padi akan semakin merunduk. Pasti semua kita tau akan arti pribahasa itu.

Proses membaca akan terasa nyaman dan enak apabila kita menikmati setiap kata, kalimat dan paragraf yang dijelajahi oleh mata kita dengan otak sebagai penafsir setiap ajalan mata yang dilalui. Tumbuhkanlah motivasi didalam diri kita untuk selalu membaca karena semua yang ada didunia ini perlu untuk dibaca. Alampun dapat kita baca, seperti membaca cuaca, eh sebentar lagi hujan ni.

Dalam agamapun disampaikan bahwa manusia diperintahkan untuk membaca tapi dengan kata yang berbeda yaitu Iqra' dalam arti yang sama yaitu baca. Pasti ada banyak hikmah dan pesan yang ingin disampaikan oleh Allah Swt kepada hambaNya dalam kata ini.

Orang yang suka membaca dapat kita pastikan bahwa Ia merupakan orang senantiasa belajar dan menghargai setiap pemberian dari Allah Swt. Mulai dari pemberian akal, mata, dan lainya.

Maka dari itu luangkan dan sediakan waktu kita untuk membaca minimal satu buku dalam satu minggu atau bahkan kita dapat menyelesaikan beberapa buku dalam sepekan. Dan berikan contoh yang baik kepada generasi penerus bangsa dan jadikan diri kita sebagai suri tauladan untuk anak cucu ktia nantinya.

Jangan lupa begikan tulisan ini kepada orang disekitar Anda untuk saling mengingatkan kepada sesama dan jangan lupa beri komentar untuk saran, masukan, dan apresiasinya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x