Mohon tunggu...
Riyadno
Riyadno Mohon Tunggu... Petani - Saya adalah Penggerak Literasi berbasis Inclusi social

Penggerak gerakan Sukses ( Sahabat Usaha Kecil Segera Sejahtera) di Seluruh Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Munculnya Petani Milenial di Tengah Pandemi Covid-19

1 Agustus 2021   22:24 Diperbarui: 1 Agustus 2021   22:27 155 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Munculnya Petani Milenial di Tengah Pandemi Covid-19
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Petani merupakan 'Pahlawan Pangan' yang tak kenal lelah berjuang untuk mempertahankan existensinya untuk mengembangkan ketahanan pangan, berjuang untuk diri, keluarga, masyarakat dan negara agar swasembada pangan terwujud.

Dalam perjalanannya produktifitas rawan menurun seiring minat masyarakat kurang di bidang sektor pertanian. Ada beberapa hal yang perlu kita cermati apa saja yang menjadi kendala di lapangan. 

Pertama, Sumber Daya Manusia yang kurang di sektor pertanian sehingga tidak ada regenerasi, Kedua, Lahan pertanian yang semakin sempit dikarenakan alih fungsi jadi pemukiman dan kawasan Industri. Ketiga, Tehnologi pertanian yang belum terserap oleh masyarakat sehingga potensi potensi pertanian tidak tergarap dengan baik Keempat, pengetahuan tentang managemen dan pemasaran yang kurang terfasilitasi dengan baik.

Melihat kondisi Latar belakang tersebut maka Smartfarm Academy  bersama expertis pemberdaya pertanian mengembangkan pendidikan petalihan pertanian dan pemberian modal  sebagai ajang untuk mencetak para petani handal untuk melahirkan Agen of Change dan Entrepeneur di bidang pertanian. 

Smartarm Academy atau Akademi Petani Cerdas adalah program pemberdayaan dan pengembangan sektor pertanian melalui pendidikan berkelanjutan bagi petani dan atau calon petani. SmartFarm Academy  didirikan bersama IZI beserta para expertis dan petani pembelajar. 

Kegiatan utamanya untuk memajukan dunia pertanian dengan menyelenggarakan beragam kegiatan yang produktif untuk meningkatkan performa pertanian menuju petani Indonesia. Smartfarm Academy Tangerang  memiliki tujuan utama melakukan pemberdayaan petani dan calon petani professional sehingga bisa mendorong para petani bisa hidup lebih mandiri, sejahtera dan terus tumbuh dan berkembang sehingga bisa berkontribusi positif bagi bangsa Indonesia.

Smartfarm Academy  telah mencetak para Enterpreneur muda petani milenial kurang lebi 300 petani milenial di enam provinsi dan telah menjadi pioner ketahanan pangan Indonesia yaitu Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Jawa Barat dan Lampung . 

Smartfarm Academy mencoba ingin mewujudkan 74.000 Patriot Ketahanan Pangan di Seluruh Indonesia, artinya di setiap desa minimal ada 1 patriot Ketahanan Pangan. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN