Mohon tunggu...
Novy29 ( Novy E.R. )
Novy29 ( Novy E.R. ) Mohon Tunggu... Penulis - Blogger, Employee, Writer, Traveler, Reserve Villa Family&Grup (Tanpa Kamaran)

I'm a Novy E.R. A blogger, employee, writer, traveler, and reserve villa family&grup (Tanpa Kamaran) . . Blog : http://rivitacahayaqalbu.wordpress.com/ . . On Media Cetak & Buku : . . 1. Karnaval Banteng, Apa Manfaatnya Sih ? (Year 2008 at Media Lokal Malang Raya) . 2. Obyek Wisata Kota Wisata Batu (Year 2008 at Media Local Malang Raya) . 3. Cukuplah Kematian Sebagai Nasehat (Majalah Intisari Hidayah, Desember 2010) . 4. Antologi "Merah Putihnya Cinta" by Jaringan Penulis Indonesia by EK Publisher (2011) . 5. Citizen Reporter Harian Pagi Surya "Menulis Opini Itu Kreatif" (Januari 2018) . 6. Esai Harian Pagi Radar malang "Teknologi Positif Yang Bermanfaat" (Januari 2018) . 7. Antologi "Malang Dalam Aksara" by Malang Menulis (Feb 2018) . 8. Esai Harian Pagi Malang Post "Ambil Alih Pengelolaan Air Swasta Oleh Pemda" (Agustus 2018) . 9. Antologi "Serpihan Rindu" by AE Publishing (Agustus 2018) . 10. Antologi "Nuansa Cinta Ramadhan" by AE Publishing (September 2018) . 11. Antologi "Mayapaa Puaka" by AE Publishing (November 2018) . 12. Antologi "You Are My Hero" by AE Publishing (Desember 2018) . 13. Antologi"Kasih Tak Sampai" (Mei 2019) . 14. Esai Harian Pagi Malang Post "Bangga Jadi Santri" (Oktober 2018) . 15. Antologi "LDR" by AE Publishing (November 2019) . 16. Citizen Reporte Majalah Air Minum "Gowes Bersama" (2017) . 17. Citizen Reporte Majalah Air Minum "Dzikir Al Khidmah Bersama PDAM & Masyarakat" (2017) . 18. Antologi Puisi "Pohon Luka" by AE Publishig (2019) . 19. Antologi FTS Trust Me, I'm A Writer (Juli 2020) . 20. (Segera)

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Serangan Jantung Saat Olahraga

23 Juni 2021   13:06 Diperbarui: 23 Juni 2021   13:10 128 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Serangan Jantung Saat Olahraga
Yuk berolah raga (dokpri)

 Ada banyak kejadian orang-orang yang aktif berolahraga tiba-tiba meninggal mendadak. Bahkan setelah selesai beraktivitas olah raga. Terkena serangan jantung lagi. Seperti yang dicontohkan pihak Kompasiana, kolapsnya Christian Eriksen dan meninggalnya Markis Kido saat berolahraga tentunya membuat kaget semua orang. 

Ada juga aktor Indonesia, Adjie Massaid yang kabarnya meninggal dunia juga karena jantung setelah berakivitas sepak bola. Begitu pula Ricky Johanes atau lebih akrab di sapa Ricky Jo yang wafat mendadak karena serangan jantung setelah berolah raga.

Di luar dunia selebritis, ada teman yang rajin jalan kaki, jenis olah raga ringan dan murah meriah yang konon membuat jantung sehat, meninggal dunia juga karena jantung.

Mengutip dari situs Wikipedia, jantung yang bahasa latinnya, Cor, adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Darah menyuplai okisgen dan nutrisi pada tubuh, juga membantu menghilangkan sisa-sisa metabolisme. Jantung, salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah, terletak di rongga dada agak sebelah kiri.

Sebenarnya kenapa hal itu bisa terjadi pada orang yang justru rajin berolah raga? "Jangan di lihat dari olah raganya yang menjadi persoalan. Bisa jadi orang yang melakukan olah raga telah memiliki riwayat penyakit seperti penyakit jantung koroner yang kerap terjadi," kata salah satu dokter umum di Bengkulu yang dihubungi lewat whatsapp.

Masih dari kutipan Wikipedia,  penyakit arteri koroner atau yang dikenal juga sebagai penyakit jantung arteriosklerosis, penyakit jantung koroner, atau penyakit jantung iskemik adalah suatu penyakit yang terjadi ketika ada penyumbatan parsial aliran darah ke jantung.

"Yang menyebabkan serangan jantung saat berolah raga, bukanlah olah raga apa yang dipermasalahkan. Kalau memang benar serangan jantung berarti ada kelainan jantung, misalnya koroner yang paling sering terjadi," tambah dokter lulusan Unibraw Malang ini.  

Apakah memang sudah penyakit bawaan sejak lahir. Atau karena apa tiba-tiba orang yang berolah raga bahkan tergolong rajin bisa meninggal karena jantung.

Bilamana ada yang mengatakan sudah takdir meninggal dunia saat selesai olah raga. Wah ini jawaban yang tak perlu diperdebatkan lagi. Namun sebagai manusia yang di beri akal untuk berpikir tentu kkita akan mencari tahu mengapa bisa sampai terjadi. Apa karena kelelahan atau ada faktor penyebab yang lain.

          Terhentinya aliran darah walau hanya sesaat  yang menuju ke jantung dan penyebab terbanyak kematian mendadak adalah serangan fajar eeh salaah, serangan jantung karena adanya penyumbatan pembuluh darah. Serangan jantung ini disebabkan oleh jantung koroner.

          Sebenarnya ada tips-tips untuk mencegah datangnya serangan jantung yang tiba-tiba menjumpai kita terutama saat beraktivitas atau olah raga. Mengikuti pola cara berolah raga, apapun itu jenis olah raganya.  Bukannya ibarat mesin kendaraan yang memiliki kapasitas kekuatan. Kita pun  juga memiliki standart seperti apa yang bagus dalam berolah raga. Tentunya, rutin atau continue atau istiqomah serta tidak berlebihan dalam menjalani olah raga yang kita tekuni. Juga dalam durasi jarak tempuh dan waktu yang standart. Tidak dratis naik turun pelaksanaan berolah raga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x