Mohon tunggu...
RIVANA SHABIHAH
RIVANA SHABIHAH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa yang senang untuk mencoba hal yang baru. Berjalan-jalan, menonton, dan menggambar adalah beberapa hal yang saya sukai. Dengan segala kekurangan yang saya miliki, saya masih berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Hominisasi 9

10 Desember 2022   16:10 Diperbarui: 10 Desember 2022   16:17 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mulai dari pra geladi, kami diberikan video yang berisi lagu Indonesia Raya 3 stanza, dari video tersebut kita diminta untuk berpendapat mengenai lirik manakah yang menarik menurut pribadi masing-masing. Kemudian kami diberikan pula 10 link video berisi sebuah film dokumenter dimana kami bisa memilih salah satu diantara film tersebut untuk berpendapat mengenai hal yang menarik dari film tersebut, mengidentifikasi berdasarkan budayanya, dan bagaimana peran kita sebagai anak muda. Setelah itu juga  ditanyakan bagaimana peran anak muda dalam merawat Indonesia dan apa saja tantangan yang dialami sekarang.

Saat hari H geladi, kami dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota dari jurusan yang berbeda-beda. Setelah pemaparan dari dosen mengenai apa yang harus dilakukan, kami berkenalan terlebih dahulu dengan kelompok dan dilanjuti dengan berdiskusi mengenai "Hari Anti Kekerasan pada Perempuan" untuk presentasi kelompok kami. 

Selesai diskusi dan berlatih, kami digabung dengan beberapa kelompok lainnya untuk melakukan presentasi. Kami melakukan presentasi dengan urutan pertama, dilanjutkan dengan memerhatikan presentasi dari beberapa kelompok tadi. Setelah presentasi selesai, dipilih beberapa kelompok terbaik untuk melakukan presentasi kembali didepan seluruh peserta dan dosen. Acara pun diakhiri dengan penutup dari para dosen. 

Kegiatan geladi ini bermanfaat bagi saya. Informasi dan ilmu yang diberikan baik secara langsung maupun tidak langsung dari kegiatan ini ternyata memang diperlukan dalam kegiatan sehari-hari terutama bagi saya sebagai mahasiswa. Setelah mengikuti geladi hominisasi ini, saya menyadari bahwa kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara itu perlu. Bahasa akan membantu kita untuk berkomunikasi dengan orang lain, dengan logika kita bisa mengetahui mana hal yang benar dan salah. 

Kegiatan ini bermanfaat agar mahasiswa menggunakan akal budi dan benar-benar belajar untuk berpikir logis, rasional, dan menunjukan tanggung jawab, berkaitan kehendak bebas kita.   Kemudian dari presentasi-presentasi kelompok saya dan kelompok lainnya, saya menjadi tahu mengenai hari-hari nasional yang jarang diketahui oleh banyak orang, begitupun dengan saya. Ilmu yang secara singkat diberikan ini bisa saya terapkan dalam perkuliahan, yaitu bagaimana cara berpresentasi yang baik, bagaimana kita harus selalu berpikir rasional, dan juga bagaimana berbahasa yang baik seperti selalu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun