Mohon tunggu...
Rival Ardiyanto
Rival Ardiyanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Studi Independen Bersertifikat MariBelajar: Meningkatkan Kinerja dan Produktivitas Diri dengan Teknologi Microsoft

26 Juni 2022   21:55 Diperbarui: 26 Juni 2022   22:48 70 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada awal tahun 2020. Program ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai bidang keilmuan yang berguna dalam dunia kerja. 

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah salah satu metode pembelajaran, dari delapan metode yang dicanangkan dalam Kebijakan Kampus Merdeka. Kebijakan ini diluncurkan dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat. 

Studi Independen Bersertifikat (SIB) Kampus Merdeka adalah sebuah pembelajaran di kelas yang dirancang dan dibuat khusus berdasarkan tantangan nyata yang dihadapi oleh mitra/industri. 

Melalui program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka, para peserta akan diberikan real project di akhir kegiatan untuk mengaplikasikan ilmu dan memberikan pengalaman terkait kasus yang ada di dunia nyata.

PT MariBelajar Indonesia Cerdas atau MariBelajar merupakan salah satu mitra di program Studi Independen Bersertifikat. MariBelajar merupakan perusahaan yang menyediakan sarana untuk belajar teknologi terutama dalam program-program Microsoft

MariBelajar senantiasa ingin memberdayakan setiap orang untuk belajar teknologi agar dapat beradaptasi dan bersaing dengan adanya beragam perubahan yang terjadi. PT MariBelajar Indonesia Cerdas memiliki misi untuk “Empowering Everyone to Learn” di Indonesia. 

Kegiatan SIB di MariBelajar dilaksanakan selama 5 bulan dimulai pada 7 Februari 2022 sampai 24 Juni 2022. MariBelajar membuka tiga learning track, salah satunya adalah Information Worker Track. Dalam learning track ini, peserta akan mempelajari keterampilan teknis administratif dalam penggunaan teknologi Microsoft Office sehingga mampu meningkatkan kinerja dan produktivitas diri.

Ada beberapa tipe pembelajaran dalam kegiatan SIB di MariBelajar yang terdiri dari pembelajaran secara Sinkron (tatap muka), Asinkron (penugasan), Online Assessment, Capstone Project, dan Sertifikasi Internasional. Dalam artikel ini, penulis akan berbagi cerita terkait aktivitas yang penulis ikuti selama mengikuti SIB di MariBelajar.

1. Sesi Pembelajaran Sinkron 

Pada sesi sinkron, aktivitas pembelajaran sama seperti perkuliahan pada umumnya. Sesi pembelajaran sinkron setiap bulannya di jalankan sebanyak 10 kali pertemuan dengan durasi 150 menit per pertemuan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan