Mohon tunggu...
Ritsatul zannah
Ritsatul zannah Mohon Tunggu... Masih dalam tahap belajar

Mahasiswa ilmu komunikasi UIN sunan Kalijaga 20107030104

Selanjutnya

Tutup

Travel

Keindahan Alam yang Tersembunyi di Ciamis "Negeri di Atas Awan" Puncak Bangku

7 Maret 2021   11:46 Diperbarui: 7 Maret 2021   11:55 92 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keindahan Alam yang Tersembunyi di Ciamis "Negeri di Atas Awan" Puncak Bangku
Pemandangan di Puncak Bangku dari Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detik.com)


Ayo... Pada weekend kemana nih? Mau yang menikmati alam langsung apa mau menikmati tidur saja di rumah, Mending menikmati keindahan alam di puncak bangku. Kenapa dinamakan puncak  bangku? Karena dulunya di atas puncak Caringin warga sekitar membuat sebuah bangku yang terbuat dari kayu. Sehingga untuk memudahkan penamaan disematkan lah nama puncak bangku, yang terletak di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, kabupaten Ciamis, Jawa barat dengan suasana yang di kelilingi pegunungan, fenomena awan, dan kabut di pagi hari.

Memiliki keindahan yang alami, dan fenomena awan tidak harus mendaki gunung saja seperti gunung Bromo, gunung Ijen, gunung Prau, dan lain sebagainya. Mending kita ke puncak bangku saja yang tidak memerlukan waktu yang lama hanya memerlukan waktu sekitar 40 menit saja. Sangat cocokan orang yang suka traveling atau weekend yang ingin melihat fenomena " negeri di atas awan".

Jika ingin menikmati kabut yang tebal harus datang pagi-pagi maksimal sekitar jam 05.00 WIB. dengan fenomena kabut yang tebal yang meliputi hutan dan perkampungan di bawahnya. Puncak  bangku ini ada di daratan tinggi yang memiliki tebing, sedangkan daerah yang di selimuti kabut adalah wilayah perbatasan Ciamis Kuningan.

Dengan udara yang sangat sejuk, dengan fenomena alam yang sangat indah apalagi menikmati secangkir kopi dengan suasana puncak yang agak dingin, semilir angin yang selalu menerpa ragamu, dan pemandangan di atas bukit berupa hamparan sawah serta pepohonan yang rindang. 

Dengan jelas kita bisa melihat, menikmati keindahan gunung yang berdiri kokoh, dan keindahan alam sekeliling gunung. Tiket Puncak Bangku Ciamis. Untuk menikmati keindahan Puncak Bangku Ciamis, belum ada tiket masuk khusus. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang seikhlasnya untuk biaya parkir kendaraan yang kamu bawa.

Rute menuju Puncak Bangku Ciamis bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika kamu berangkat dengan menggunakan mobil, kamu harus ekstra hati-hati dan waspada. Karena kondisi jalan yang berbelok- belok dan menanjak juga jalannya yang tidak terlalu lebar. 

Namun sepanjang perjalanan kamu sudah bisa merasakan sejuknya udara dan alam yang akan kamu saksikan nanti di perjalanan. Jika kamu berangkat dari Kota Ciamis kamu akan menempuh perjalanan sekitar 40 hingga 50 menit. Setelah tiba di alun-alun Ciamis arahkan kendaraan mu menuju Baregbeg kemudian belok ke Sukadana, kemudian dilanjutkan menuju Kecamatan Rancah. Setelah tiba di kecamatan tersebut, kamu tinggal mengikuti arah menuju Puncak Bangku Ciamis. 

Tapi jika untuk kamu yang bergerak dari Kota Banjar, kamu dapat melalui Jl. Cisaga-Hayawang kemudian arahkan menuju Kecamatan Rancah. Menuju puncak bangku bisa melalui dua jalan. Fasilitas yang ada di Puncak Bangku Ciamis terdiri dari:

* Lahan parkir.

* Mushola 

* Toilet.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN