Mohon tunggu...
Rita Haryanti
Rita Haryanti Mohon Tunggu... Bersyukur selalu

Belajar menguntai kata

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Vaksinasi Covid-19 di SMP dan SMA Pax, Yayasan Keluarga Bunda Bekasi

4 Mei 2021   23:19 Diperbarui: 4 Mei 2021   23:31 129 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Vaksinasi Covid-19 di SMP dan SMA Pax, Yayasan Keluarga Bunda Bekasi
dokumentasi pribadi

Bersama kita bisa, slogan yang semangati  panitia kecil penyelenggaraan vaksinasi covid-19 tahap 2 di sekolah kami. Sehari sebelum pelaksanaan vaksinasi covid-19 tahap 2 tepatnya, Senin, 3 Mei 2021, para guru dan karyawan mulai menyiapkan berbagai fasilitas yang diperlukan setelah berkoordinasi dengan dokter Maria dari Puskesmas Jakasetia Bekasi. Penyelenggaraan vaksinasi ini kelanjutkan dari vaksinasi tahap 1 yang sudah terselenggara di SMA Panglima Sudirman.

Seraya mentari tersenyum kepada bumi, security dengan termogun di tangan sudah mulai menyambut peserta vaksinasi yang sudah mulai berdatangan pada pukul 7.00 wib di gerbang masuk sekolah. Antusiasme semakin terasa setelah beberapa menit menuju pukul 08.00 wib. Jadwal vaksinasi antara pukul 08.00-12.00 wib.

Peserta diarahkan ke tempat vaksinasi  dan selalu diingatkan untuk  menjaga protokol kesehatan. Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, kemudian mengambil nomor antrean dan duduk di kursi yang telah disediakan dengan jaga jarak.

Ambulans Puskesmas datang dan tim nakes langsung briefing dan berdoa di perpustakaan sebelum acara vaksinasi dimulai. Para petugas menempatkan diri di pos masing-masing dengan mengenakan APD berwarna biru, kecuali dokter Maria mengenakan APD berwarna ungu.

Prosedur pelaksanaan vaksinasi meliputi 4 meja. Meja 1  untuk tempat cek data peserta setelah dipanggil sesuai nomor antrean. Meja 2 untuk  mengecek   suhu tubuh dan tekanan darah. Apabila suhu tubuh kurang dari atau sama dengan 37,3 dan tekanan darah kurang dari 140/90 maka peserta vaksinasi menuju meja 3 di ruang skrining. Peserta kemudian menunggu antrean untuk disuntik vaksinasi. Terlihat ada beberapa peserta yang tidak memenuhi syarat, kondisi badan sedang tidak sehat, diare, tekanan darah melebihi ketentuan maka dilakukan skrining ulang pada kunjungan berikutnya. 

Saat disuntik oleh petugas, peserta vaksinasi mendokumentasikan dengan berswa foto atau meminta bantuan panitia untuk dibantu mengambil gambar. Kami dengan sukacita melayani mereka. Tampak wajah cerah setelah menerima suntuk vaksinasi. Mereka kemudian menuju meja 4 untuk menunggu pencetakan hasil vaksinasi. Beberapa kali dokter Maria keluar dari ruang skrining untuk memantau keseluruhan kegiatan vaksinasi. Mengecek apakah ada kendala, dan juga memanggil peserta untuk menyerahkan hasil vaksinasi.

Semua petugas kesehatan dan panitia memberi pelayanan yang terbaik, ramah, dan penuh kehati-hatian. Peserta vaksinasi mengambil hasil vaksinasi dan tak lupa mengabadikan momen ini dispanduk dengan tulisan: Saya sudah vaksin ke-2 yang telah disediakan.

Itulah kegiatan vaksinasi covid-19 yang sudah dilaksanakan di sekolah kami, kiranya segala usaha dan doa kita, covid-19 akan segera hilang dari muka bumi, kita sehat selalu dan kembali melanjutkan aktivitas dengan lancar dengan kebiasaan baru serta tetap menjaga protokol kesehatan.  Pada akhir kegiatan, para petugas kesehatan dan panitia melakukan sesi foto bersama. 

Penulis: Rita Haryanti/SMP Pax Ecclesia Bekasi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x