Mohon tunggu...
rita destiana putri
rita destiana putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

memiliki hobi kuliner, saat ini sedang bekerja sambil kuliah juga. memiliki cita-cita menjadi seorang pengajar.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pengaruh Besar Search Engine Marketing dalam Dunia Digital Marketing

27 Januari 2023   21:27 Diperbarui: 27 Januari 2023   21:35 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Di Era digital ini, Perusahaan menggunakan SEM untuk meningkatkan pemasaran produk. SEM ( Search Engine Marketing ) atau dikenal dengan Istilah "pemasaran mesin pencari" dipopulerkan oleh Danny Sullivan pada tahun 2001 untuk mencakup spektrum kegiatan yang terlibat dalam melakukan SEO, mengelola daftar berbayar di mesin pencari, mengirimkan situs ke direktori, dan mengembangkan strategi pemasaran online untuk bisnis, organisasi, dan individu. Bisa dibayangkan betapa mudahnya bagi konsumen untuk mencari informasi apapun melalui mesin pencari ini. Inilah sebabnya SEM membawa pengaruh besar bagi Perusahaan dalam meningkatkan penjualan produknya.

Beberapa alasan Perusahaan memilih strategi SEM, karena membuat akun SEM itu mudah dan dapat membangun lalu lintas dengan cepat berdasarkan tingkat persaingan. Mengelola kampanye pencarian dilakukan secara langsung dengan vendor SEM atau melalui penyedia alat SEM. Mungkin juga swalayan atau melalui biro iklan. Seperti  pada  Oktober 2016, Google memimpin pasar mesin pencari global dengan pangsa pasar 89,3%. Bing berada di urutan kedua dengan pangsa pasar 4,36%, Yahoo berada di urutan ketiga dengan pangsa pasar 3,3%, dan mesin pencari Cina Baidu berada di urutan keempat secara global dengan pangsa sekitar 0,68%.

Bagi Pembeli yang menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi cenderung percaya dan fokus pada tautan yang ditampilkan di halaman hasil. pencarian online seringkali merupakan langkah pertama bagi konsumen/pelanggan potensial, dampak persepsi pencarian membentuk kesan merek bagi setiap individu. Sebagian besar mesin pencari menyertakan beberapa bentuk popularitas tautan dalam algoritme peringkat mereka.  Berikut ini adalah alat utama yang mengukur berbagai aspek kejenuhan dan popularitas tautan: Popularitas Tautan, 10 Analisis Google Teratas, dan Popularitas Tautan Marketleap dan Saturasi Mesin Pencari. . SEM dapat membantu organisasi untuk mengoptimalkan pemasaran mereka dan mengumpulkan lebih banyak audiens dan menciptakan lebih banyak pelanggan.

Namun, sejumlah besar pengusaha online tidak membeli pengoptimalan mesin telusur untuk mendapatkan daftar peringkat hasil penelusuran yang lebih tinggi, tetapi lebih memilih tautan berbayar. Semakin banyak penayang daring yang mengizinkan mesin telusur seperti Google untuk merayapi konten di laman mereka dan menempatkan iklan yang relevan di dalamnya. Dari sudut pandang pengusaha online, ini merupakan perpanjangan dari penyelesaian pembayaran dan insentif tambahan untuk berinvestasi dalam proyek iklan berbayar. Oleh karena itu, hampir tidak mungkin bagi pengiklan dengan anggaran terbatas untuk mempertahankan peringkat tertinggi di pasar pencarian yang semakin kompetitif.

Tujuan utama bisnis yang menerapkan SEM adalah untuk meningkatkan dan mempertahankan peringkat mereka setinggi mungkin di SERP sehingga mereka dapat memperoleh visibilitas. Oleh karena itu, mesin pencari menyesuaikan dan mengembangkan algoritme dan kriteria yang berubah di mana halaman web diberi peringkat secara berurutan untuk melawan penyalahgunaan mesin pencari dan spamming, dan untuk memberikan informasi yang paling relevan kepada pencari. Ini dapat meningkatkan hubungan antara pencari informasi, bisnis, dan mesin pencari dengan memahami strategi pemasaran untuk menarik bisnis.

Rita Destiana Putri_Universitas Siber Asia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun