Mohon tunggu...
Rita Mf Jannah
Rita Mf Jannah Mohon Tunggu... Pemikir, Trader, Praktisi Pendidikan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menyuarakan kebenaran berdasar data dan fakta yang sesungguhnya

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Sukses Investasi Saham, Jangan Modal Nekat!

20 Januari 2021   22:49 Diperbarui: 20 Januari 2021   23:04 101 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sukses Investasi Saham, Jangan Modal Nekat!
Illustrasi memprediksi harga saham (pic: economictimes.com)

Modal yang dipakai dalam memilih investasi saham sebaiknya betul-betul uang tak terpakai, bukan uang hasil hutang, ataupun uang persediaan darurat, sebab naik turunnya harga saham tidak bisa diprediksi

Banyak orang nekat terjun ke dunia saham tapi tidak punya cukup modal, hal ini sangat membahayakan, sebab saham merupakan investasi high risk alias beresiko tinggi

Memang tidak bisa dipungkiri kalau tingkat keuntungannya juga tinggi, tapi jika Anda belum menguasai seluk beluk persahaman dikhawatirkan  malah seperti bunuh diri, modal tidak kembali, hutang bertambah banyak.

Itulah kenapa sebaiknya dalam memilih investasi saham, uang yang Anda gunakan adalah betul-betul uang tak terpakai, bukan uang hasil hutang, ataupun uang persediaan darurat, sebab naik turunnya harga saham tidak bisa ditebak, yang ditakutkan adalah saat dana tersebut sangat diperlukan, justru harga saham sedang jatuh di pasaran, atau bisa juga disuspend, yang membuat Anda tak bisa berkutik untuk menyentuhnya kembali karena tidak bisa ditransfer kembali ke rekening Anda.

Jika ingin sukses dalam investasi saham, hal yang harus Anda miliki adalah :


Insting cerdas membaca pasar
keahlian ini tidak melulu hanya dimiliki ahli analis saham, orang awampun bisa, asalkan memiliki jam terbang tinggi dalam dunia persahaman.
 
Sabar
Sabar maksudnya jangan uring-uringan saat melihat saham yang dibeli belum memberi keuntungan, hingga terlalu cepat cutloss tiap hari.

Jangan mudah menyerah
Ketika sebuah saham tidak memberi keuntungan pada Anda, cobalah saham yang lain, tapi jangan asal beli, pelajari betul-betul latar belakang perusahaanya.

Cepat mengambil keputusan
Ketika Anda telah melihat profit dari saham Anda, sebaiknya cepat sell, sebab harga saham tidak bisa diprediksi, sangat cepat naik, juga bisa sangat cepat turun. Kecuali Anda memang sudah berpengalaman dengan saham tersebut, pilihan di tangan Anda.

Modal besar cuan besar pula
Jika modal yang Anda keluarkan untuk investasi saham besar, maka apabila saham tersebut profit, maka cuan yang Anda peroleh besar juga, misal Anda buy saham ratusan juta  maka keuntungan yang diperoleh jika profit bisa puluhan juta, tapi kalau modal hanya jutaan mungkin keuntungan juga hanya ratusan ribu, sebab profit biasanya sepersekian persen dari modal.
Makanya perlu kejelian tingkat tinggi dalam membeli saham, pelajari betul emitennya.
Ini berdasar pengalaman saya membeli saham bagus sekitar 119 jutaan, tak beberapa lama saya memperoleh keuntungan 20 jutaan.

Jangan takut saham gorengan
Tantangan ini hanya berlaku jika Anda memang pintar memprediksi, dan pengalaman tingkat tinggi.

Saham gorengan bisa juga memberi  cuan besar, ini berdasar pengalaman saya juga, keuntungan saat itu sekitar 16 jutaan, tapi jangan terlena, namanya saham gorengan kalau diterpa isu tidak sedap meskipun sedikit saja, maka jatuhnya bisa bikin jantungan.

Saat itu saya sibuk tidak sempat membaca berita, tiba-tiba saham disuspend, ternyata emiten saham itu sedang bermasalah karena petingginya terlibat korupsi, kaget banget, hingga keesokan harinya saya cepat cutloss hingga rugi 6 jutaan, tapi untungnya tindakan saya cepat, sebab beberapa hari kemudian harganya meluncur turun dengan sangat cepat hingga berbulan- bulan.

Itulah kenapa dalam membeli saham gorengan diperlukan  kejelian membaca situasi sehingga Anda tidak dirugikan.

Jangan pedulikan omongan orang
Saat Anda berusaha memprediksi perkembangan portofolio saham-saham, jangan pernah peduli dengan pendapat orang yang mengatakan Anda analisis saham amatiran, ingat pribahasa biarpun itu dari mulut penjahat kalau nasehat baik dengarkanlah. Demikian juga dengan analisis-analisis saham, meskipun pendapat orang amatiran, tapi siapa tahu lebih bermanfaat dari ahli yang sesungguhnya.

And so, tetaplah jeli melihat keadaan, pelajari latar belakang perusahaan, laba, modal, chart, order stock dan lain sebagainya.

Ingat, guru paling berharga dalam dunia saham adalah diri Anda sendiri.!

VIDEO PILIHAN