Mohon tunggu...
Rita Mf Jannah
Rita Mf Jannah Mohon Tunggu... Pemikir, Trader, Praktisi Pendidikan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menyuarakan kebenaran berdasar data dan fakta yang sesungguhnya

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Siapkah Bangsa Kita dengan Vaksin Gratis?

29 Desember 2020   20:49 Diperbarui: 29 Desember 2020   20:50 63 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siapkah Bangsa Kita dengan Vaksin Gratis?
Illustrasi vaksin covid-19 (pic:cnnindonesia.com)

Tampaknya pemerintah tidak main-main dengan pengadaan vaksin, seperti dilansir dari Investor Daily bahwa Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti menyatakan beberapa merek vaksin yang dipesan pemerintah telah datang bertahap, didistribusikan di 2021 lebih dari 100 juta, dilanjutkan di 2022 sebanyak 87 juta vaksin Sinovac dan Novavax. Sementara di luar pesanan (firm order), pemerintah juga tengah melakukan proses pemesanan vaksin sebanyak 107 juta vaksin terdiri atas vaksin Pfizer sebanyak 45 juta dosis, Covax 12 juta dosis, dan Astrazeneca sebanyak 50 juta dosis.

Berarti total vaksin yang disediakan pemerintah hingga 2022 sebanyak 371 juta dosis termasuk vaksin cadangan, sebab pemerintah menargetkan vaksinasi untuk mencapai herd immunity terhadap 181 juta penduduk.
Untuk itulah saat ini pemerintah sedang menunggu izin edar yang akan dikeluarkan BPOM agar bisa melakukan proses vaksinasi.

Menteri PPN/Kapala Bappenas Suharso Monoarfa menjelaskan sebagaimana dikutip dari Investor Daily bahwa BPOM akan mendapatkan hasil uji klinis vaksin Sinovac yang dilakukan di Brasil, uji klinis tahap pertama dan kedua dari Sinovac di Tiongkok, dan laporan hasil uji klinis yang dilakukan di Bandung.

Kini terjawablah sudah kenapa anggaran kesehatan untuk 2021 sebesar Rp 169,7 triliun, ternyata untuk mendukung akselerasi pemulihan dan transformasi ekonomi melalui vaksinasi.

Jadi, siapkah bangsa kita dengan vaksin gratis?

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x