Mohon tunggu...
Rita Puspayanti
Rita Puspayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - kendari,sulawesi tenggara

kendari,sulawesi tenggara

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pengaruh Penyusunan Financial Report terhadap Perkembangan Usaha UMKM Melalui Pelatihan AR Learning Center

29 Juli 2021   07:36 Diperbarui: 29 Juli 2021   07:45 48 1 0 Mohon Tunggu...

Dalam mengembangkan usaha khususnya sector UKM perlu ditunjang dengan pelaporan keuangan yang akurat dan akuntabel. Hal ini diperlukan sebagai sarana analisa bagi pemilik usaha dalam membuat keputusan terkait usahanya.Untuk hal itu diperlukan pemahaman dan kompetensi yang memadai bagi para pemilik UKM atas teknik dan metode penyusunan Laporan Keuangan yang baik.

AR Learning Center mengadakan pelatihan sertifikasi Certified Financial Report dengan mendapatkan gelar (C.F) yang dimulai pada tanggal 16 juli 2021 - 26 juli 2021. Dimulai dari pengantar sebagai awalan melalui grup WA yang kemudian dilanjutkan dengan pelatihanvia aplikasi zoom.

Peran AR Learning Center atau disingkat ALC menjadi pusat wadah belajar. Di antara program yang dicanangkan ialah; Self Therapy, Hypnotist, Hypnotherapy, Jurnalistik, kepenulisan, editing video/gambar, pendidikan, dasar-dasar ilmu Neuro Linguistic Programming (NLP).

Antusiasme peserta sangat baik kurang lebih terdapat 50 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan ada beberapa peserta yang berasal dari luar indonesia, contohnya Timor Leste.

Coach Adi Sumarna, S.E., M.E.Sy., CH., CHt., CM.N., CT.ALC. atau biasa dipanggil dengan kang Adi merupakan selaku mentor dalam pelatihan C.F ini sekaligus owner dari BRETTO KAFFI yang telah berpengalaman dalam penyusunan laporan keungan UMKM terhadap perkembangan usaha yang akan memberikan materi, serta dimonitoring oleh AR Learning Center master trainer Coach Andre Hariyanto, C.PS., C.STMI., CF-NLP., C.MST., C.TMM., C.SB., C.PI., C.LMA., C.SLHF., C.H., C.Ht., C.IB., C.NR., CMT-ALT selaku owner dari AR Learning Center.

Ade Sumarna dalam perlatihannya menjelaskan tentang laporan keuangan serta tata cara menyusun laporan keuangan. Beliau mengungkapkan bahwa "untuk menyusun laporan keuangan sebuah usaha saat ini itu mudah, dibantu oleh aplikasi/software yang telah ada. tetapi harus diikuti oleh pengetahuan penyusunan laoporan keuangan yang baik" begitu tuturnya.

Ada salah satu peserta menanyakan bagaimana jika telah lama memulai usaha tetapi tidak diikuti dengan penyusunan laporan yang baik apakah perlu di catat dari awal ?. Ade sumarna menjawab "untuk lebih baiknya mencatat semua ulang aset serta persediaan yang ada sebagai neraca awal".

Pelatihan Sertifikasi Laporan Keuangan Financial Report sangat berguna bagi perkembangan usaha khususnya usaha UMKM agar pengelola UKM memahami penyusunan laporan keuangan sesuai teknik dan metode yang benar.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN