Mohon tunggu...
Rita Amalia
Rita Amalia Mohon Tunggu... Guru - Guru di SDN 4 Lancirang

Rita merupakan salah satu guru di SDN 4 Lancirang yang gemar membaca berbagai artikel.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cerita Terbaik Pembelajaran Inovatif Model PLANTON (Pembelajaran Anti Monoton) Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi dan Refleksi Hasil dan Dampak)

3 Oktober 2022   15:11 Diperbarui: 3 Oktober 2022   16:13 207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

SITUASI 

Peralihan pembelajaran jarak jauh ke pembelajaran tatap muka terbatas (PTM) membuat kegiatan pembelajaran mengalami perubahan, sehingga motivasi dan pemahaman siswa mengalami penurunan yang mengakibatkan pemahaman dan hasil belajar siswa juga mengalami penurunan. Selama pembelajaran jarak jauh siswa terbiasa menggunakan gadget sehingga perhatian dalam pembelajaran menurun, sebagian guru hanya terbiasa berceramah dalam proses pembelajaran tanpa diselingi permainan atau menggunakan model pembelajaran yang inovatif, sehingga proses pembelajaran terkesan monoton, tidak ada umpan balik dari siswa yang membuat siswa merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran dan juga membuat siswa semakin sulit memahami pelajaran, penggunaan media pembelajaran yang jarang juga merupakan salah satu yang melatar belakangi timbulnya permasalahan dalam pembelajaran.

Permasalahan pada proses pembelajaran ini harus segera ditangani agar siswa dapat kembali termotivasi untuk belajar sehingga pemahaman dan hasil belajarnya dapat meningkat kembali.  Praktik ini penting untuk dilaksanakan dan dibagikan kepada guru karena masih banyak guru yang mengalami permasalahan yang sama, sehingga praktik ini diharapkan dapat membantu dalam peroses pembelajaran kedepan yang lebih baik disekolah sendiri maupun disekolah yang lain

Sebagai seorang guru peran dan tanggung jawab yang dapat diambil pada permasalahan ini adalah menerapkan model pembelajaran yang inovatif guna membangkitkan kembali motivasi belajar dan meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa setelah masa pandemi covid-19

TANTANGAN 

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran banyak tantangan yang ditemukan, sehingga harus mengadakan beberapa alternative solusi mulai identifkasi masalah dengan refleksi, wawancara  dengan kepala sekolah, rekan guru, dan orang tua.

Itu semua adalah orang-orang yang terlibat yang terlibat dalam proses pelaksanaanya.

Setelah mendapatkan kajian dari berbagai sumber yang disebutkan tadi maka didapatkan beberapa tantangan yang menjadi dasar permasalahan, diantaranya :

  • Siswa  kurang bersemangat dalam pembelajaran
  • Siswa sulit memahami pelajaran matematika khususnya materi dasar perkalian
  • Media pembelajaran kurang menarik
  • Kondisi alam yang kadang berubah-ubah
  • Kondisi lingkungan yang kurang kondusif (berisik /ramai)
  • Jarangnya penggunaan Ice Breaking untuk membuat suasana belajar yang menyenangkan dan menarik
  • Kurang interaktifnya guru dalam proses pembelajaran

AKSI

Untuk mengatasi tantangan yang dihadapi, sebagai seorang guru harus kreatif dalam menyelesaikan permasalahan tersebut dengan cara menerapkan model pembelajaran yang inovatif yaitu menggunakan model pembelajaran PLANTON (Pembelajaran Anti Monoton) 

Model pembelajaran PLANTON (Pembelajaran Anti Monoton)  merupakan model pembelajaran yang menggunakan pendekatan pembelajaran kontruktivisme. Pendekatan yang berpusat pada siswa yang menekankan pentingnya individu yang membangun pengetahuan dan pemahaman secara aktif dengan bimbingan dari guru. Pembelajaran ini juga lebih menekankan pada keterampilan sosial siswa untuk lebih aktif dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran . Model pembelajaran ini juga dapat memelihara dan  meningkatkan perhatian siswa dalam belajar, meningkatkan motivasi dan rasa ingin tahu siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun