Mohon tunggu...
Rita Yuliana
Rita Yuliana Mohon Tunggu... Polisi Wanita Indonesia

| Rastra Sewakottama | Polisi Republik Indonesia adalah abdi utama nusa dan bangsa |

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

PUMA, Singa Gunung dari NTB

8 Juni 2020   00:17 Diperbarui: 11 Juni 2020   00:03 311 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PUMA, Singa Gunung dari NTB
TIM PUMA Polda NTB | dokpri

"Dengan niat yang tulus, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim saya resmikan launching Tim Puma ini." Ujar Kapolda NTB Bapak Irjen Pol Muhammad Iqbal

NTB -Bapak Kapolda Nusa Tenggara Barat Irjen Pol Mohammad Iqbal, S.I.K, M.H.  secara resmi telah merilis "TIM PUMA" yang bertempat di Halaman Gedung Command Centre Polda NTB pada Jum'at 29 Mei 2020.  Pembentukan "TIM PUMA" salah satunya dilatarbelakangi oleh karena kemajuan dan perkembangan teknologi yang linier dengan tingkat gangguan kamtibmas.  

Kenapa PUMA?
Wilayah NTB yang secara geografis merupakan salah satu propinsi yang sangat strategis dan terdiri dari dua buah pulau besar dan cukup dikenal di dunia Internasional diantaranya adalah Pulau Lombok dan Sumbawa.

Tidak hanya itu, wilayah ini juga memiliki pulau-pulau kecil (Gili) yang ternyata terdiri dari 222 pulau baik berpenghuni ataupun tidak berpenghuni di dalamnya. Keberadaan pulau tersebut hingga saat ini belum begitu banyak pos-pos kepolisian yang notabene harus dijaga keberadaannya.

Kapolda NTB dan kesiapsiagaan TIM PUMA | dokpri
Kapolda NTB dan kesiapsiagaan TIM PUMA | dokpri
Sehingga kesan yang timbul adalah tendensi untuk melakukan kejahatan konvensional lebih tinggi. Banyak yang memanfaatkan untuk perilaku kejahatan seperti curas, curat, curanmor dan juga pengiriman barang illegal karena mudahnya akses dari laut.

"PUMA memiliki arti Singa Gunung, sangat cepat larinya, tajam taringnya, dan cekatan dalam menyergap mangsanya. Ujar Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal, S.I.K, M.H.

"TIM PUMA" juga merupakan salah satu bentuk peran penting Kepolisian dalam rangka untuk peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, khususnya di Wilayah Hukum Polda NTB. Dengan fungsinya yang sangat lengkap, TIM ini diharapkan akan dapat menganggulangi tindak pidana seperti Ancaman Teror Bom, Curat, Curas, Pencurian motor, premanisme, pembajakan, pembunuhan dan tindakan lainnya yang meresahkan ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Perlu juga diingat bahwasanya sejak Mandalika ditetapkan sebagai bagian dari destinasi wisata di dunia karena panoramanya yang eksoktik, tentunya akan mendatangkan banyak wisatawan mancanegara. Tidak hanya itu, sirkuit motor GP Mandalika juga digadang-gadang akan menjadi daya tawar tinggi bagi turis lokal dan mancanegara, karena banyak rider handal tingkat dunia akan bertarung disana.

Kapan PUMA resmi berdiri?
Seperti disebutkan di atas, TIM PUMA resmi kukuhkan pada 29 Mei 2020 merujuk kepada Surat Perintah Kapolda NTB Nomor: Sprin/775/V/Res.1.24./2020.

Kapolda NTB menyerahkan secara simbolis dalam acara launching TIM PUMA | dokpri
Kapolda NTB menyerahkan secara simbolis dalam acara launching TIM PUMA | dokpri

Secara umum surat tersebut berisi tentang pembentukan TIM yang dapat mengungkap dan menangani kasus kejahatan konvensional yang berada pada Wilayah Hukum Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Apa saja kelengkapannya
Seperti halnya TIM khusus kepolisian yang berada di Indonesia, TIM PUMA dilengkapi dengan beberapa peralatan canggih dan modern.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN