Mohon tunggu...
Riswanda Himawan
Riswanda Himawan Mohon Tunggu... Pendidik Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia.

Riswanda Himawan merupakan Pendidik, bidang bahasa dan sastra Indonesia sekaligus mahasiswa pascasarjana magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Penulis aktif dalam kegiatan menulis, baik itu artikel ilmiah berupa jurnal atau prosiding yang terbit pada standar Nasional maupun Internasional, serta aktif menulis pada koran digital berkaitan dengan pendidikan, bahasa, ekonomi, serta budaya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bangkitkan UMKM dengan Pemasaran Online

25 Juni 2021   05:00 Diperbarui: 25 Juni 2021   04:58 22 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bangkitkan UMKM dengan Pemasaran Online
Dokumen Gambar Pribadi

Pandemi Covid-19 yang terjadi dana belum mereda hingga saat ini, menyebabkan berbagai dampak di berbagai bidang, salah satunya yaitu bidang ekonomi. Di masa pandemi Covid-19 seperti yang terjadi saat ini, para pelaku UMKM sebagai pelaku di bidang ekonomi sangat merasakan dampak datangnya pandemi Covid-19. 

Berdasarkan hasil wawancara kami, bersama dengan para pelaku UMKM di desa Gilangharjo, ditemukan hasil bahwa pendapatan mereka di masa pandemi Covid-19, mengalami penurunan yang cukup signifikan. Di hari normal, biasanya para pelaku UMKM bisa menghasilkan kurang lebih 500.000/hari. Namun di masa pandemi seperti yang terjadi saat ii, pendapatan mereka hampir 50% mengalami penurunan. 

Berbagai macam strategi dilakukan, untuk menanggulangi permasalahan ini, salah satu strategi yang dilakukan oleh masyarakat pelaku UMKM adalah dengan melakukan penjualan secara daring atau Online. Para pelaku UMKM memanfaatkan berbagai macam aplikasi, yang dapat membantu mereka untuk membantu jalannya proses pemasaran. 

Aplikasi yang dapat mereka manfaatkan yaitu WA bisnis, Instagram, Facebook dan sebagainya. Tak, hanya itu, mereka juga bermitra dengan aplikasi Ojek Online untuk membantu pemasaran produk mereka. Hal ini dinilai sangat membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produk yag mereka jual, mereka mengubah strategi yang awalnya dijemput, menjadi menjemput. Ha ini mereka lakukan agar usaha mereka tetap berjalan, dan membangkitkan semangat mereka dalam beriwausaha di masa pandemi. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x