Mohon tunggu...
Ristyana Listyaningrum
Ristyana Listyaningrum Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Teknologi pangan'19 UAD

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Plant Based Food sebagai Solusi Pencegahan Penyakit Degeneratif

22 Januari 2022   01:33 Diperbarui: 22 Januari 2022   06:13 103 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Plant based food sebagai solusi pencegahan penyakit degeneratif


Di indonesia pasti sudah tidak asing lagi mendengar Penyakit degeneratif,penyakit degeneratif adalah penyakit yang banyak terjadi di Negara-negara berkembang salah satunya yaitu Indonesia. penyakit degeneratif adalah penyakit yang tidak menular. 

Penyakit degenartif merupakan kondisi kesehatan dimana tubuh terus mnegalami penurunan diakibatkan adanya perubahan sel tubuh dan akhirnya mempengaruhi fungsi organ tubuh keseluruhan. Penyakit degeneratif sendiri disebabkan karena menurunnya aktivitas fisik, gaya hidup seseorang dan pola makan yang berantakan.

Penyakit degeneratif tidak hanya dialami oleh lansia, sekarang ini sering sekali kita mendengar anak-anak ataupun usia produktif mengalami penyakit degeneratif. Pola hidup yang kurang sehat menjadi penyebab utama dari penyakit degeneratif. 

Maraknya makanan instan atau junk food di Indonesia menyebabkan pola konsumsi masyarakat Indonesia yang tidak karuan. Adapun jenis-jenis penyakit degeneratif antara lain penyakit jantung, osteoporosis, diabetes mellitus, hipertensi dan kanker.

Presentase penyakit degeneratif di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan, awalnya penyakit degeneratif hanya di derita orang-orang usia lanjut atau lansia namun sekarang banyak anak-anak usia 10-14 tahun juga yang terkena penyakit degenratif bahkan tidak sedikit usia produktif juga terkena penyakit degeneratif. 

Menurut international diabetes federation pada tahun 2019 indonesia peringkat ke 7 dari 10 negara dengan jumlah penderita (juta) diabetes mellitus tertinggi dengan jumlah presentase 10,7.

Plant based food adalah mengkonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan atau biasa disebut produk nabati dan menghindari makanan hewani atau produk dari daging dan susu. Contoh plant based food antara lain sayur, buah, kacang, dan biji-bijian.

 Plant based food hampir sama dengan vegan namun lebih fleksibel dalam pelaksanaannya, jika vegan sama sekali tidak mengkonsumsi produk hewani plant based masih diperbolehkan mengkonsumsi produk hewani namun diusahakan untuk menghindari ataupun membatasi.

Banyak sekali penelitian yang menyebutkan penyakit degeneratif disebabkan pola hidup manusia yang tidak sehat Dari data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan bahwa 95,5% masyarakat Indonesia kurang mengonsumsi sayur dan buah. 

Kemudian 33,5% masyarakat kurang aktivitas fisik, 29,3% masyarakat usia produktif merokok setiap hari, 31% mengalami obesitas sentral serta 21,8% terjadi obesitas pada dewasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan