Mohon tunggu...
Ristina Puji Astuti
Ristina Puji Astuti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Semangat, Ceria, Yakin, Displin Waktu, Pekerja Keras, Travelling, Membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

LK 3.1 Menyusun Best Practice-PPG Daljab 2022

26 September 2022   14:23 Diperbarui: 26 September 2022   14:32 9397
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Contoh LK3.1 Best Practice PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 Kategori 1

LK 3.1 Menyusun Best Practice

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR ( Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak ) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran 

Lokasi TK Aisyiyah 56 Baron Surakarta

Lingkup Pendidikan Taman kanak- kanak kelompok A

Penulis Ristina Puji Astuti

Tanggal 27 Agustus 202

Tujuan yang ingin dicapai

 Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berbahasa dengan pendekatan Saintifik melalui Metode Bercakap-cakap

Situasi ( kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi perandan tanggung jawab anda dalam praktik ini) adalah anak dalam kemampuan berbahasa/ berkomunikasi masih belum maksimal. Hal tersebut perlu dan penting dilakukan karena merupakan pondasi untuk anak lebih aktif dalam berkomunikasi.Yang menjadi peran dan tanggung jawab adalah guru dan peserta didik.

Tantangan ( apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? siapa saja yang terlibat ). 

Kemampuan pesrta didik dalam berbahasa/ berkomuniaksi belum maksimal, peserta didik belum aktif jika tidak ditanya dan diajak berkomunikasi. yang terlibat dalam tujuan ini adalah guru dan peserta didik.

Aksi ( Langkah- langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimanaprosesnya, siapa saja yang terlibat/apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini ).

 Dengan menggunakan metode bercakap- cakap dan mengadakan pembelajaran menggunakan video untuk menarik anak dalam menyampaikan pendaparnya dan bercakap- cakap dengan aktif. Strategi yang digunakan adalah dengan pendekatan saintifik dan TPACK, saat melihat video yang ditampilkan dalam layar proyektor, guru mengulas dan memberi pertanyaan serta peserta didik menceritakan sebagian dari isi video tersebut. Yang terlibat adalah guru dan peserta didik. Adapun sumber daya/ materi yang diperlukan adalah bahan ajar, LCD proyektor, Laptop,HP, LKPD.

Refleksi Hasil dan Dampak ( Bagaimana dampak dariaksi dari langkah- langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efekati? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategiyang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau tidak keberhasilan dari strategi yang dilakuak/ Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut). 

Dampak dari aksi tersebut adalah peserta didik yang tadinya kurang dalam hal berbahasa berkomunikasi, setelah dilakukan praktek terbaik mereka lebih aktif dalam berkomunikasi / berbahasa, menyampaikan pendapatnya, bercakap- cakap dengan aktif.Langkah yang dilakukan ini sangat efektif, peserta didik lebih aktif dalam berbahasa/ berkomunikasi. Faktor yang menjadi keberhasilan yaitu adanya metode yang tepat, inovatif dan guru mampu melaksanakn metode tersebut dengan efektif. Proses pembelajaran inii apabila kita mau bekerja keras, disiplin dan menggunakan metodeyang tepat maka akan berhasil.


 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun