Mohon tunggu...
ristiana f
ristiana f Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Matematika

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Dinamika Belajar Daring pada Masa Pandemi Covid 19

3 Agustus 2021   01:01 Diperbarui: 3 Agustus 2021   01:13 73 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dinamika Belajar Daring pada Masa Pandemi Covid 19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penyebaran virus Covid-19 yang sangat cepat dan masif mengakitbatkan banyak sektor yang dikelola oleh pemerintahan maupun swasta menjadi terimbas. Pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan kebijakan yang meliputi perekonomian, ibadah, kantor, dan sekolah atau perguruan tinggi untuk menyesuaikan dengan kondisi pandemi.

Dalam hal ini pemberlakuan social distancing, dan Work From Home (WFH) menjadi kebijakan yang harus dipatuhi oleh seluruh masyarakat. Akibat dari pemberlakuan WFH maka sekolah menghentikan pembelajaran tatap muka untuk sementara. Menteri Pendidikan menginstruksikan kepada seluruh lapisan pendidik untuk beralih dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Dengan menggunakan bantuan teknologi yang sudah semakin canggih dianggap dapat membantu pekerjaan manusia, dengan adanya smartphone dan internet sangat memudahkan kehidupan manusia dan tanpa jarak, maka kegiatan belajar mengajar pun dapat dilakukan secara online. Namun disisi lain pembelajaran daring dianggap kurang efektif karena banyaknya kendala yang harus dihadapi.

Kendala yang perlu dihadapi selama pembelajaran daring antara lain seperti infrastruktur jaringan internet yang tidak merata di seluruh daerah negara Indonesia sehingga membuat internet tidak stabil, ketidak tersediaan sarana perangkat elektronik karena rendahnya tingkat ekonomi sehingga tidak mampu untuk membeli perangkat elektronik yang menunjang untuk kegiatan belajar mengajar, selain itu juga tidak dapat dipungkiri bahwa dengan metode belajar daring membuat siswa cepat bosan dan jenuh untuk melakukan pembelajaran, karena kurangnya interaksi dengan teman secara langsung dan kurang terperhatikan oleh guru selama pembelajaran.

Saya sebagai mahasiswa yang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata di SMPN 29 Bekasi pun merasakannya secara langsung rasa jenuh yang di alami siswa selama pembelajaran daring yang mengakibatkan banyak siswa yang menjadi melas belajar karena rasa jenuh dan bosannya sudah sangat menumpuk, dimana siswa di usia mereka seharusnya belajar dan berinteraksi dengan banyak orang menjadi sangat dibatasi akikbat adanya pandemi ini.

Nah, dengan penjabaran diatas saya mempunyai solusi dan tips untuk tidak jenuh dan malas belajar secara daring. Yang pertama adalah kita harus mencari teman untuk belajar bersama, seperti dengan orang tua atau dengan sudara agar kita dapat berdiskusi tentang pembelajaran yang diberikan.

Yang kedua adalah manejemen waktu, pajanglah jadwal pelajaran dan membuat rencana belajar seperti mencatat tugas tugas yang diberikan oleh guru agar tidak mengerjakan di waktu yang mepet sehingga membuat kita menjadi terburu buru dalam mengerjakannya sehingga hasilnya kurang optimal.

Tips yang ketiga adalah cari tempat yang nyaman dan mendukung untuk kegiatan belajar mengajar, tempat yang nyaman dapat berupa tempat tertutup seperti kamar yang sudah di tata agar nyaman dan kondusif sehingga dapat mendukung suasana untuk belajar atau dapat berupa tempat terbuka seperti di halaman rumah sehingga pencahayaan bagus dan udara yang sejuk sehingga membuat kita menjadi segar selama kegiatan pembelajaran.

Yang keempat, siapkan perangkat elektronikmu seperti smartphone, laptop, computer dengan baik dan tidak lupa juga koneksi internet yang memadai agar menunjang kegiatan pembelajaran dengan baik.

Tips yang terakhir adalah motivasi dirimu sendiri, ingatlah apa cita cita yang kamu inginkan jadikan cita citamu sebagai tujuan yang harus kamu raih, selain itu kamu pun dapat membuat sanksi bagi dirimu sendiri jika kamu sudah merasa malas dalam kegiatan pembelajaran, dan jangan lupa untuk selalu meminta doa dari kedua orang tua, meminta bantuan dari anggota keluarga lainnya untuk mengingatkanmu juga perlu loh.

Sekian tips yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, mohon maaf bila ada kesalahan karena kesempurnaan hanya milik tuhan semata, saat ini kita semua hanya dapat berdoa semoga pandemi ini cepat berlalu, pemerintah dan masyarakat selalu bahu membahu dalam menangani penyebaran virus ini. Ingat selalu untuk patuhi protocol Kesehatan dan selalu jaga imunitas tubuh kita.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x