Mohon tunggu...
RISSA SEPHIA UTAMI
RISSA SEPHIA UTAMI Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - pelajar

Pelajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Inovasi Pendidikan dalam Bidang Media Pembelajaran Abad ke-21

18 Mei 2022   22:10 Diperbarui: 18 Mei 2022   22:13 124 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Seperti yang kita tahu pada zaman ini kita berada pada abad 21 yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, semua kehidupan menyentuh teknologi baik ekonomi, sosial-budaya tak terkecuali dengan pendidikan. Pemanfaatan teknologi dan informasi sangat bermanfaat terutama dalam proses pembelajaran. 

Dibandingkan dengan zaman dahulu yaitu masih dengan kontemporer, pada abad ke 21 ini media pembelajaran lebih canggih karena difasilitasi dengan komputer/laptop, gadget, internet dan berbagai aplikasi yang memudahkan siswa untuk mencari berbagai informasi. Media pembelajaran adalah merupakan faktor yang mendukung keberhasilan proses pembelajaran    di    sekolah    karena    dapat membantu proses penyampaian informasi dari guru kepada siswa ataupun sebaliknya. 

Namun tetap saja sebagaimana menurut Yuniani, dkk (2019) Teknologi seharusnya tidak dan tidak akan pernah   menggantikan   pendidikan, tetapi membantu praktek pendidikan, meningkatkan   efisiensi   pengajaran, dan meningkatkan pengalaman belajar peserta didiknya. Adapun berbagai platform pembelajaran tersedia sebagai bentuk inovasi dalam dunia pendidikan di antaranya yaitu ruang guru, zenius, brainly dan lain sebagainya.

Canggihnya teknologi yang ada saat ini menghasilkan sarana dan prasarana baru sebagai media penunjang dalam proses pendidikan dimana metode pembelajaran tidak lagi selalu bergantung pada guru ataupun buku saja sebagai sumber utama pendidikan saat ini, tetapi lebih kepada pengembangan potensi peserta didik dan lebih mengoptimalkan proses serta hasil dari suatu pembelajaran dengan media berbasis teknologi sebagai alat penunjangnya, seperti  LCD projector, komputer, internet, dan lain sebagainya yang dapat dimanfaatkan  sebagai  media  dan  sumber belajar  dalam  rangka  untuk  meningkatkan  kreativitas, keterampilan, maupun  kecakapan setiap peserta didik (Mulyono & Ampo, 2020). 

Adapun pengertian sarana dan prasarana menurut Yuwono dalam Andriyani (2020) yang menyatakan bahwa sarana merupakan segala hal dalam bentuk alat ataupun peralatan yang digunakan untuk kelengkapan setiap ruangan atau gedung dalam menjalankan fungsinya guna meningkatkan kualitas dan hubungan hasil layanan maupun produknya. 

Sedangkan Prasarana adalah perangkat penunjang utama suatu usaha supaya mencapai tujuan baik meliputi bangunan, lahan, gedung, maupun ruangan yang ada di dalamnya.

Dalam Haliza (2022), Pembelajaran pada dasarnya merupakan proses aktivitas yang dilakukan secara tertata dan teratur, berjalan secara logis dan sistematis mengikuti aturan-aturan yang telah disepakati sebelumnya. Rencana pembelajaran merupakan penyempurnaan, penyempurnaan, dan pengembangan lebih lanjut dari kurikulum.

Tentu saja, guru perlu mempertimbangkan tidak hanya persyaratan kurikulum, tetapi juga keadaan, kondisi umum, dan potensi masing-masing sekolah ketika merencanakan pelajaran. 

Hal ini tentu saja akan berimplikasi pada model atau isi perencanaan pembelajaran yang dikembangkan oleh setiap guru, disesuaikan dengan kondisi nyata yang dihadapi setiap sekolah.

 Strategi adalah rencana atau kebijakan yang dirancang untuk mencapai suatu tujuan, sehingga keputusan yang dibuat dalam rangka pengembangan strategi pembelajaran memerlukan pertimbangan-pertimbangan guru menyangkut fokus kurikulum, pengetahuan dan pengalaman yang akan diberikan kepada peserta didik, minat peserta didik, gaya belajar peserta didik, dan tingkat perkembangan siswa, yang secara keseluruhan menyangkut model pembelajaran yang dipilih oleh guru.

Pemanfaatan teknologi sebagai bahan penunjang pendidikan pada pembelajaran abad 21 perlu mempertimbangkan dalam hal kualitas dan kuantitas, baik guru, siswa, serta sarana dan prasarana yang menunjang penggunaan teknologi dimana teknologi dalam pembelajaran mempunyai sasaran akhir untuk memudahkan peserta didik dalam proses belajarnya (Nunuk et al., 2018). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan