Disini saya akan membahas tentang pengertian filsafat pendidikan realisme beserta pemikiran tokoh-tokoh filsafat pendidikan realisme.
1. Pengertian Filsafat Pendidikan Realisme
Aliran realisme adalah aliran yang beranggapan bahwa sumber pengetahuan terletak pada indera yang dibuktikan dengan adanya bukti fisik. Aliran ini juga berpandangan bahwa hakikat realitas adalah fisik dan roh yang bersifat dualistis yaitu hal fisik dan rohani. Bagi realisme, pengetahuan dalam dunia pendidikan bukan hanya terletak pada obyek saja akan tetapi juga terletak pada subyek, pendidikan akan mengalami keberhasilan jika dilakukan oleh pendidik dan anak didik yang memiliki persepsi dan keinginan ilmu yang sama.
pada prinsipnya realisme memandang hakikat wujud realitas atau ontologi secara dualitas, yang terdiri dari dunia fisik dan rohani.
realisme dalam dunia pendidikan memiliki prinsip diantaranya yaitu:
a) memberi perhatian pada peserta didik seperti apa adanya.
b) inisiatif dalam pendidikan berada pada pendidik bukan pada anak didik.
Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan hidup dan tanggung jawab sosial, menciptakan anak didik untuk menguasai pengetahuan yang handal dan dapat dipercaya melalui kedisiplinan mental maupun moral.
2. Pemikiran Tokoh-tokoh Filsafat Pendidikan Realisme
a) Aristoteles, ia beranggapan bahwa realita yang objektif tidak saja tertangkap dengan pengertian tetapi juga bertepatan  dengan dasar-dasar metafisika dan logika yang tertinggi.
b) John Amos Comenius, ia merupakan tokoh yang religius, ia berpendapat bahwa manusia harus mencapai dua hal, yang pertama adalah keselamatan dan kehidupan yang abadi, yang kedua adalah keadaan dan kehidupan di dunia.