Mohon tunggu...
Risqy NurFebrianti
Risqy NurFebrianti Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Partisipasi KKN UNS dalam Penanganan Covid-19, Pemberian Informasi dan Masker Gratis di Desa Leteh

12 Juli 2020   00:34 Diperbarui: 12 Juli 2020   00:54 12 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Partisipasi KKN UNS dalam Penanganan Covid-19, Pemberian Informasi dan Masker Gratis di Desa Leteh
Kegiatan KKN Relawan COVID-19 oleh salah satu mahasiswi UNS


Rembang --- Penutupan tugas Kuliah Kerja Nyata (KKN) Relawan COVID-19 oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) telah resmi dilakukan pada Selasa (30/06). Sebelumnya, universitas yang berpusat di kota Surakarta ini menugaskan mahasiswa yang seharusnya melaksanakan KKN pertengahan tahun ini untuk menjalankan KKN dengan format baru yakni KKN Relawan COVID-19 sebagai wujud nyata partisipasi kampus terkait dengan penanganan dan pencegahan pandemi COVID-19. Program KKN tersebut telah berlangsung sejak Mei dengan pemberangkatan dua batch hingga Juni kemarin. Pelaksanaan KKN tersebut dilakukan di daerah asal mahasiswa masing - masing seperti yang dilakukan oleh mahasiswi asal Rembang jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNS, Risqy Nur Febrianti (K2217070) di bawah bimbingan Dr. Suminah, M.Si.. Risqy Nur Febrianti memilih untuk menyiapkan program dengan tema besar yaitu untuk Supporting Pemahaman Masyarakat Tentang COVID-19. Tema ini dipilih karena di Kabupaten Rembang sendiri, kesadaran masyarakat akan pentingnya melakukan anjuran tindakan pencegahan dan penanganan COVID-19 masih dinilai kurang terindikasi dari sedikitnya masyarakat yang menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta memakai masker.

Daerah sasaran penyuluhan COVID-19 adalah RT001/RW004 Tawangsari, Desa Leteh tempat mahasiswi tersebut tinggal. Gerakan yang dilakukan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat adalah melalui media sosial Instagram (@forta.tawangsari) berkolaborasi dengan Karang Taruna RT setempat yaitu Forum Remaja Tawangsari (FORTA). Dengan kerja sama ini, diharapkan informasi terkait COVID-19 dapat diakses oleh semua warga RT001/RW004 atau ditularkan melalui sosialisasi lingkup kecil oleh mahasiswi dan anggota karang taruna. Pengunggahan konten COVID-19 dilakukan selama satu bulan penuh dan diambil dari berbagai sumber yang kredibel.

Selain program pemberian informasi tersebut, Risqy Nur Febrianti juga melakukan kegiatan pemberian masker gratis dan brosur tentang COVID-19 pada 21 Juni 2020. Kegiatan ini didukung oleh perangkat RT setempat dengan diberikannya masker tambahan. Kegiatan ini disambut antusias oleh warga sekitar yang menerima bantuan masker tersebut. Selanjutnya, diharapkan ada perubahan yang terjadi pada sistem kehidupan dan bermasyarakat warga RT001/RW004 dalam menyikapi COVID-19 dan adaptasi untuk era New Normal ini.

VIDEO PILIHAN