Mohon tunggu...
Risqiyatul Hasanah
Risqiyatul Hasanah Mohon Tunggu... Mahasiswi

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Hobi: Membuat Kerajinan atau Keterampilan Dari Bahan Daur Ulang

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Aliran Rekonstruksionisme dan Tokoh-tokohnya (Fisafat Pendidikan)

16 Mei 2020   15:16 Diperbarui: 16 Mei 2020   15:30 45 1 0 Mohon Tunggu...

Bismillahhirrohmanirrohim

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatauh

Baik pada kesempatan kali ini saya akan memabahas mengenai aliran Rekonstruksionisme dan tokoh-tokohnya.

1. Pengertian Aliran Rekonstruksionisme 

Sebelum kita membahas pengertian aliran rekonstruksionisme terlebih dahulu kita akan membahas asal kata rekonstruksionisme. Rekonstruksionisme berasala dari bahasa inggris yaitu"Rekonstro" yang berarti menyusun kembali atau menata ulang. 

Sedangkan dalam filsafat pendidikan sendiri rekonstruksionisme di artikan sebuah sebagai aliran yang yang punya keinginan untuk merubah atau menyusun kembali tata susunan lama menuju tata susunan baru yang diannga lebih baik lagi yaitu dengan bercorak atau bercirikan modern. Aliran ini juga mempunyai maksud dan tujuan yaitu ingin membangun suatu masyarakat baru yang pantas dan dapat bersikap adil kepada sesama. Nah agar tujuan terswbut dapat di capai maka haruslah berusaha dan mencari untuk mendapatkan keswpakatan semua orang.

2. Tokoh-tokohnya

a. Caroline Part

Tokoh ini berargumen mengenai nilai utama dari suatu sekolah. Pendapatnya adalah bahwa nilai utama dari sekolah yaitu dapat menghasilkan manusia-manusi yang dapat berfikir secara efektif dan bekerja secara konstruktif sehingga diharapkan dapat merubah keadaan dunia menjadi lebih baik lagi. Jadi dapat disimpulkan menurut tokoh ini sekolah atau lembaga pendidikan dianggap dan diharapkan dapat dijadikan sebagai pelopor bagi masyarkat untuk kedepannya.

b. George Count

Tokoh ini bependapat mengenai sekolah atau lembaga pendidikan yang menurutnys sekolah atau lembaga pendidikan di anggap sebagai suatu rekonstruksionisme bagi masyarakat. Tokoh ini lahi di negara Amerika Serikat yaitu pada tanggal 9 Desember 1889 dan meninggal pada tanggal 10 November 1974 yaitu pada usia 84 tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x