Mohon tunggu...
Risqi Indah
Risqi Indah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hi everyone~

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Galau Kuliah Daring? Kan Ada MyKlass!

14 Juli 2021   23:07 Diperbarui: 14 Juli 2021   23:55 160 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Galau Kuliah Daring? Kan Ada MyKlass!
MyKlass Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). (Dokumen pribadi/Risqi Indah Nur Laili)

Pandemi Covid-19 mengharuskan seluruh kegiatan dilakukan secara dalam jaringan (daring), begitu pula dengan kegiatan pembelajaran baik di sekolah ataupun perguruan tinggi. Kegiatan pembelajaran secara daring membutuhkan sebuah laman atau aplikasi yang mudah diakses oleh para pengajar maupun pelajar sehingga kegiatan pembelajaran daring akan terlaksana dengan baik. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) selalu memberikan cara yang terbaik untuk para dosen dan mahasiswanya agar dapat mengikuti kuliah daring dengan mudah. Web-based learning MyKlass adalah solusi yang diberikan oleh UMY. Lalu, apakah MyKlass cukup membantu untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran daring?

Terhitung sejak Maret 2020 hingga saat ini, seluruh pelajar melakukan pembelajaran online atau yang dapat kita kenal sebagai pembelajaran daring. Begitupun dengan UMY, sejak kasus Covid-19 di Indonesia mulai menyebar, seluruh kegiatan dan pembelajaran di kampus dilakukan secara daring.

Kegiatan kuliah daring terbilang cukup menantang karena saya harus berperan aktif dalam belajar secara mandiri. Pada awal kuliah daring, saya merasa kesulitan karena bingung dengan materi yang harus dipelajari. Intensitas bertanya dengan dosen ketika sulit memahami materi menjadi berkurang karena semua kegiatan yang dilakukan secara daring. Namun, hal ini dapat terasa mudah dengan adanya MyKlass.

MyKlass merupakan sebuah web-based learning yang disediakan oleh UMY untuk seluruh mahasiswa dan dosen aktif di UMY. Melalui web-based learning ini, para dosen dapat memberikan materi pembelajaran kepada para mahasiswa. Materi pembelajaran yang diberikan tidak hanya dapat berupa bacaan singkat atau buku saja, tetapi dosen juga bisa mengunggah video pembelajaran untuk para mahasiswa. 

Setiap mahasiswa dan dosen memiliki akun pribadi yang dapat digunakan untuk mengakses MyKlass dimana saja dan kapan saja. Selain itu, UMY juga mengembangkan MyKlass dalam bentuk aplikasi yang dapat kita unduh di ponsel sehingga hal ini semakin membuat MyKlass mudah untuk diakses. MyKlass sangat memudahkan saya dalam mengikuti semua kegiatan kuliah daring ketika pandemi Covid-19. Hal ini karena MyKlass memiliki semua fitur yang sangat membantu untuk kegiatan kuliah daring.

Mulai dari fitur forum diskusi, kuis, hingga fitur untuk mengunggah dokumen tugas. Selama mengikuti kegiatan kuliah daring, saya merasa terbantu dengan adanya MyKlass. Situsnya yang mudah diakses dan fitur yang mudah untuk digunakan membuat kegiatan pembelajaran daring saya selama pandemi Covid-19 semakin meyenangkan. 

Saya dapat berinteraksi dengan dosen dan mahasiswa lain melalui fitur forum diskusi. Lalu, saya juga dapat mengunggah dokumen tugas dalam bentuk tulisan, video, ataupun dokumen lain di MyKlass. Selain itu, saya tidak perlu khawatir tentang tenggat waktu pengumpulan tugas. Hal ini karena MyKlass juga memiliki fitur kalender yang akan bertanda merah apabila ada kegiatan pada tanggal tersebut.

Pada awal tahun 2021, UMY telah mengembangkan fitur online meeting yang bernama Big Blue Button (BBB) di MyKlass. Hal ini tentunya semakin memudahkan kegiatan pembelajaran daring saya melalui MyKlass. MyKlass merupakan paket lengkap untuk mahasiswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran daring. Seperti jargon UMY yaitu Muda Mendunia, MyKlass dapat membantumu menjadi pelajar yang memiliki segudang ilmu yang mendunia. Jadi, tidak perlu galau lagi kuliah daring, kan ada MyKlass.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x