Mohon tunggu...
Risnawati Wulan
Risnawati Wulan Mohon Tunggu... Risna

Mahasiswa Akuntansi Universitas Nusa Putra

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pembangunan Ekonomi di Indonesia

16 Juni 2021   14:29 Diperbarui: 16 Juni 2021   14:44 165 3 0 Mohon Tunggu...

Salah satu indikator kemajuan ekonomian suatu Negara adalah pertumbuhan ekonomi yang dinamis.pertumbuhan dalam pengertian ini tentunya berbeda dengan pertumbuhan pada hewan atau tumbuhan.pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah memang salah satu nya untuk mencapai pertumbuhan ekonomi  dan politik yang stabil serta mencapai kesehjahteraan masyarakat. tujuan akhir pertumbuhan ekonomi.pertumbuhan ekonomi ditandai dengan naiknya output per kapita dalam jangka panjang atau preubahan tingkat kegiatan ekonomi yang terjadi  dari tahun ke tahun.

Seperti yang telah kita dengar di berbagai media,isu-isu yang terkait dengan pembangunan ekonomi antara lain meningkat nya pengangguran,kesejahteraan ekonomi dan social,kemajuan undanng-undang   ketanagakerjaan,meningkatnya angka kemiskinan,dan tumpukan utang Indonesia.semua ini contoh-contoh masalah perekonomian sering diberitakan,dibahas,dan di diskusikan.
Banyak orang mengatakan bahwa Indonesia masi tertinggal dalam pembangunan ekonomi  nya tidak sama dengan Negara-negara Eropa seperti seperti Amerika,Inggris,Perancis.dikatakan bahwa gambaran negara-negara dengan pembangunan ekonomi yang sukses adalah tingkat pengangguran dan kemiskinan semakin menurun,dan pendapatan masyarakat semakin meningkat,semakin modern,semakin maju transportrasi dan komunikasi,semakin maju industrinya,semakin sempit jurang pemisah antara si kaya dan si miskin,ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju,dan semakin banyak kesempatan untuk kesehatan semakin mudah,dan masalah social seperti kriminalitas semakin berkurang.inilah gambaran keberhasilan pembangunan ekonomi suatu Negara.
Perbedaan kuantitas dan kualitas ekonomi merupakan fakta yang saling mendukung untuk menyeimbangkan pembangunan diantara keduanya. Kuantitas mewakili pertumbuhan ekonomi, dan kualitas menunjukkan pembangunan ekonomi. Salah satu tujuan suatu Negara adalah pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Nah,berikut ini ada beberapa perbedaan dari pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, yaitu:

Pertumbuhan ekonomi dan  pembangunan ekonomi memilki pengertian yang berbeda,dan pembangunan ekonomi mencakup hal-hal yang lebih luas dari pertumbuhan ekonomi.sekalipun suatu Negara pernah mengalami perkembangan ekonomi,belum tentu Negara tersebut telah mengalami pembangunan ekonomi.hal ini merupakan salah satu indikator keberasilan suatu Negara.pembangunan ekonomi berarti mampu melakukan bisnis, mengurangi kemiskinan,pengangguran,dan ketimpangan.oleh karena itu,pembangunan ekonomi tidak hanya mementingkan bagaimana pengurangan tingkat pengangguran dan kesenjangan antara si kaya dan si miskin.bisa saja pendapatan per kapita meningkat,tetapi masih banyak yang masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan,dan masih banyak pengganguran.
jika ini terjadi,berarti pembangunan ekonomi belum benar-benar berhasil.pembangunan ekonomi mencakup jangkauan yang lebih luas daripada pertumbuhan ekonomi.Pertumbuhan ekonomi hanya tergantung pada besar kecil nya PDB suatu Negara.untuk waktu yang lama,dan disertai dengan perubahan stuktur ekonomi dan perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).
Dari Ilustrasi di atas apakah anda memahami pengertian pembangunan ekonomi? Pembangunan ekonomi pada dasarnya mencakup dua pengertian: pembangunan dan ekonomi.pembangunan adalah proses membangun atau mengubah sesuatu dari tingkat rendah ke tingkat yang lebih tinggi atau dari hal yang buruk ke hal yang lebih baik bak menjadi lebih baik.adapun ekonomi seperti yang telah kalian pelajari sebelumnya ilmu yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi,komsumsi,dan distribusi barang dan jasa.
Oleh karena itu,jika digabung pembangunan ekonomi dapat dijelaskan sebagai suatu proses pelarian sektor-sektor ekonomi dari tingkat yang lebih rendah dari tingkat yang lebih tinggi.Menurut Tadoro (2013),pembangunan ekonomi merupakan suatu proses multidimensi meliputi berbagai perubahan dalam struktur social dan sikap masyarakat.selain itu,pembangunan ekonomi juga didefinisikan sebagai kegiatan yang meningkatkan taraf hidup masyarakat atau suatu proses yang menngarah pada peningkatan pendapatan perkapita penduduk dalam jangka panjang.
Pembangunan ekonomi merupakan salah satu bidang kehidupan yang terus berembang di seluruh dunia,termasuk Indonesia.di Indonesia pembanguan ekonomi telah dilakukan sejak kemerdekaan hingga era reformasi saat ini.setiap kali pemerintahan berganti,,kebijakan pembangunan ekonomi akan berubah.kebijakan pembangunan Presiden Soeharto berbeda dengan kebijakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono,meskipun pada dasarnya sama,yaitu mencapai tujuan Negara kita dalam "Deklarasi" Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 bertujuan untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan memajukan kesejahteraan umum,mencerdasakan kehidupan bangsa,dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan,perdamaian abadi dan keadilan social.
Untuk mewujudkan tujuan tersebut,pembangunan nasional dilakukan secara terencana,menyeluruh,terpadu,terarah,dan berkelanjutan. tujuan nasional adalah untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasrkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka,berdaulat,bersatu dalam suasana kehidupan berbangsa yang aman,terteram,tertib dalam pergaulan dunia yang merdeka,bersahabat,,tertib,dan damai.
Dalam hal pembangunan Indonesia mengenal sistem yang mengatur pembangunan dan Indonesia mengenal sistem yang mengatur pembangunan Indoensia yang memiliki ruang lingkup nasional dan daerah,yaitu SPPN (Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional).
Pembangunan ekonomi juga tergantung pada pertumbuhan ekonomi suatu negara. adanya pembanguan ekonomi juga mendorong terbentuknya pertumbuhan ekonomi,sebaliknya pertumbuhan ekonomi juga mempengaruhi pembangunan ekonomi. Adanya pembagunan ekonomi juga merupakan proses perpaduan antara pertumbuhan penduduk dan kemajuan teknologi suatu negara. ada beberapa unsur pembangunan ekonomi antara lain :
* Pembangunan adalah sebuah proses. artinya pembangunan merupakan tahapan yang harus dilalui oleh setiap masyarakat atau negara.
* Pembangunan sebagai perubahan sosial.karena Masyarakat adalah peserta dalam perubahan social secara langsung dan tidak langsung akan mempegaruhi bahkan menghambat pembangunan.
* Pembangunan adalah untuk meningkatkan pendapatan perkapita. Sebagai upaya, pembangunan merupakan tindakan positif yang harus dilakukan suatu negara meningkatkan pendapatan per kapita.
* Peningkatan pendapatan perkapita harus bersifat jangka panjang.
Oleh karena itu,Pertumbuhan dan Pembangunan ekonomi berdampak besar terhadap perkembangan sistem perekonomian nasional.Pertumbuhan ekonomi memiliki efek yang lebih kuantitatif, yaitu peningkatan tingkat pendapatan dan output, dan kualitas pembangunan ekonomi tidak hanya berasal dari peningkatan output, tetapi juga dari perubahan struktur produksi dan distribusi berbagai input ekonomi. Departemen, seperti institusi, pengetahuan, masyarakat, dan teknik.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x