Mohon tunggu...
Risna Nugroho
Risna Nugroho Mohon Tunggu... Blogger

Blogger, Ibu Rumah Tangga, Homeschooler, Chiang Mai, Thailand, tulisan lainnya di blog.compactbyte.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Update Chiang Mai dan Langkah Pertama Thailand Menuju Normal Baru

7 Mei 2020   00:20 Diperbarui: 7 Mei 2020   00:25 46 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Update Chiang Mai dan Langkah Pertama Thailand Menuju Normal Baru
Beberapa hal yang mulai boleh dibuka kembali (Sumber: Bangkok Post)

Tulisan ini merupakan kelanjutan tulisan saya sebelumnya mengenai langkah-langkah yang diambil pemerintah Thailand dalam mencegah penyebaran Covid-19. Sekedar catatan untuk dibaca ketika pandemi berlalu. 

Chiang Mai Bebas Pasien Covid-19

Setelah hampir sebulan (tepatnya 27 hari) tidak ada penambahan pasien baru, akhirnya Chiang Mai bebas Covid-19. Dari 40 orang yang terinfeksi positif di Chiang Mai, 1 orang meninggal dunia dan sisanya sudah pulang dari rumah sakit dan dinyatakan bebas Covid-19. Saya jadi terpikir lama sekali waktu yang dibutuhkan untuk pasien terinfeksi bisa pulang dari rumah sakit.

Memang setiap orang bisa berbeda daya tahan tubuhnya. Tapi andaikata pasien terakhir yang dipulangkan kemarin itu adalah pasien terakhir yang terdeteksi positif, berarti dia sudah terinfeksi beberapa hari sebelum terdeteksi positif. Wow, lebih dari 27 hari sendirian dalam ruang isolasi? Pastinya lega sekali setelah akhirnya sembuh dan bisa kembali bertemu dengan keluarga.

Dibandingkan dengan kita yang terpaksa harus di rumah saja tapi masih bisa melakukan banyak hal dan kondisi sehat, pastilah kondisi pasien yang di rumah sakit jauh lebih tidak enak. Selain kemungkinan rasa tidak nyaman dan kesakitan yang menjadi akibat dari penyakit, mereka juga pasti merasa sepi di ruang isolasi kurang lebih sebulan. Sungguh saya merasa tidak pantas mengeluh dengan kondisi di rumah dalam kondisi sehat kalau mengingat kondisi pasien yang tidak bisa ketemu keluarga.

Emergency Decree Sampai 31 Mei 2020

Saat ini, secara keseluruhan negeri Thailand sudah merasa sedikit lebih baik. Sampai dengan tanggal 6 Mei 2020, jumlah pasien yang masih dirawat di rumah sakit tersisa 173 orang dari total 2.989 orang terinfeksi sejak akhir Januari 2020. Artinya pasien yang sembuh ada 2.761 orang (98 persen) dan meninggal 55 orang (2 persen).

Sudah hampir 2 minggu terakhir, jumlah pasien baru yang ditemui hanya berada di satu digit alias tidak lebih dari 10 orang. Kasus baru yang ditemukan biasanya berasal dari warga negara Thailand yang pulang dan masih dalam pengawasan setelah di repatriasi ke Thailand. Bisa dibilang tidak ditemukan adanya transmisi lokal.

Dengan situasi sekarang, apakah sudah waktunya untuk bernapas lega dan menyimpan semua masker dan kembali hidup seperti sebelum pandemi? Tentu tidak semudah itu. Pemerintah Thailand masih memperpanjang emergency decree sampai 31 Mei 2020. Penerbangan internasional dan curfew juga masih akan diberlakukan.

Beberapa penerbangan internasional diijinkan untuk kebutuhan mengembalikan warga negara Thailand yang ingin pulang, atau warga negara asing yang ingin kembali ke negaranya masing-masing.

Beberapa maskapai sudah mulai beroperasi untuk penerbangan dalam negeri. Beberapa provinsi memberlakukan aturan wajib karantina untuk traveler yang datang dari provinsi yang masih ada kasus positif.

Jalan antar lintas provinsi masih memberlakukan pemeriksaan suhu tubuh dan mewajibkan memakai masker kepada pengendara. Untuk yang didapati sakit atau demam tidak akan diijinkan lewat dan akan diantar ke rumah sakit yang sudah ditentukan.

Semua sekolah dan kursus anak-anak masih ditutup. Tapi beberapa hal yang dianggap kebutuhan dasar mulai dibuka dengan tetap memperhatikan physical distancing.

Menuju Normal Baru

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN