Mohon tunggu...
Risma Asfi Nuraeni
Risma Asfi Nuraeni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bismillah

Kita belajar dari kegagalan bukan kesuksesan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN Tematik UPI 2021: Pembuatan Hand Sanitizer dalam Rangka Pencegahan Covid-19

26 Juli 2021   10:31 Diperbarui: 26 Juli 2021   11:10 63 1 0 Mohon Tunggu...

Hand sanitizer adalah cairan atau gel antiseptik untuk pembunuh virus yang menempel di tangan , karena tangan sebagai perantara sumber kuman yang menyebabkan berbagai penyakit menular seperti diare dan penyakit lainnya. Oleh sebab itu gunakanlah cairan antiseptik sebelum dan sesudah makan dan memegang benda agar terhindar dari virus yang menyebabkan penyakit.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa covid-19 jumlahnya semakin meningkat. ada baiknya kita melakukan pencegahan dengan membuat hand sanitizer dari bahan-bahan yang mudah ditemukan. Tidak cukup hanya dengan menjaga jarak dan membatasi kontak sosial  tetapi kita juga harus menjaga diri kita dari virus  Selain mencuci tangan pakai air dan sabun kita juga bisa menggunakan cairan atau gel hand sanitizer.

Dengan adanya covid-19 terpaksa guru dan siswa harus banyak melakukan kegiatan pembelajaran di rumah terutama guru harus mencari banyak mencari ide-ide pembelajaran bagi siswanya . melihat kondisi tersebut, muncul ide untuk membuat Hand Sanitizer dari bahan-bahan yang mudah di temukan .kegiatan membuat hand sinitizer bersama siswa SDN 2 SUKAPURA dalam rangka mengisi kegiatan belajar di rumah.

Selama proses pembuatan  hand sanitizer siswa-siswa sangat antusias dan bersemangat . bukan hanya mempelajari materi tentang pencegahan covid, namun juga melatih keterampilan meracik bahan-bahan.

Bahan - bahan yang  di perlukan dalam membuat hand sanitizer yaitu : Alkohol 70%, Lidah buaya, Pewangi . 

cara membuatnya :

  • Persiapakan bahan-bahan yang digunakan .
  • Masukan alkohol 70% sebanyak 500ml .
  • Kupas lidah buaya, lalu satukan lendir lidah buaya dengan alkohol .
  • Aduk bahan-bahan samapi menyatu .
  • Masukan 3 tetes pewangi cair, kemudian aduk samapai tercampur .
  • Masukan hasil campuran tersebut kedalam botol hand sanitizer. 

Demikian informasi terkait dengan pembuatan hand sanitizer, semoga informasi ini bermanfaat. Dan jangan lupa untuk menjaga diri dan selalu tetap menjaga kebersihan.  

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN