Mohon tunggu...
Risma PujiAstuti
Risma PujiAstuti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Bandung

saya Mahasiswa yang sangat peduli pada kasus-kasus yang ada di Indonesia ini .

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Aksi Kekerasan Oknum Polisi terhadap Mahasiswa di Depan Kantor Bupati Tangerang

29 Oktober 2021   01:38 Diperbarui: 29 Oktober 2021   01:38 47 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam beberapa kasus yang sering beredar tentang kekerasaan yang di lakukan oleh beberapa aparat kepolisian yang melakukan penganiayaan terhadap Mahasiswadi saat demontrasi yang sedang terjadi,  

Video yang membanting mahasiswa semester sembilan yang bernama Fariz Amrullah oleh seorang anggota polisi yang berinisial NP viral di media sosial. Sang oknum terekam jelas membanting seorang mahasiswa hingga terkapar. Dalam video yang beredar memperlihatkan, mahasiswa yang dibanting sampai kejang.

Peristiwa itu terjadi ketika mahasiswa sedang berunjuk rasa di area kantor Bupati dalam momen HUT Ke-389 kabupaten Tangerang. Pada kasus pembantingan ,mahasiswa itu ialah sebagai wujud eskalasi pembiaran terhadap mahasiswa yang selama ini ada ditingkatan internal dan eksternal yang dengan berdalih hanya untuk melakukan pengamanan penuh dalam situasi tersebut. 

Ditegaskan kembali seharusnya polisi tidak melakukan kekerasan terhadap mahasiswa  untuk melakukan tugas disituasi apapun apalagi sampai melakukan kekerasaan.  Banyak aparat yang masih muda dan belum utuh memahami aturan dalam aksi demontrasi tersebut sebaiknya aparat kepolisian harus mempunyai mental dan pemhaman yang cukup untuk mengendalikan aksi massa.

Cara-cara kekerasan kerap kali digunakan untuk mengamankan demonstran yang dianggap membuat kericuhan. Hal ini pun menuai banyak kecaman.

Tindakan refresif oleh aparat kepolisian ini membuat masyarakat sangat  menyayangkan atas tindakan yang seharusnya tidak dilakukan terhadap mahasiwa. Kekerasan ini dilakukan oleh oknum kepolisian dalam menangani massa aksi yang terus tejadi.

Pada dasarnya aparat seharusnya hanya memberikan peringatan bukan melakukan tindakan kekerasan disituasi apapun karena tugasnya aparat kepolisian untuk melindungi masyarakat dalam bentuk dan kondisi apapun itu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan