Mohon tunggu...
Risma febriyanti
Risma febriyanti Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

Universitas borneo tarakan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Indonesia yang Kaya akan Budaya

22 September 2020   21:55 Diperbarui: 25 Mei 2021   21:00 3210
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kekayaan Budaya di Indonesia (unsplash/nick agus arya)

Di indonesia banyak ragam suku dan bangsa yang membuat indonesia kaya dengan budayanya dan itu lah yang berbeda dengan negara lain maka dari itu kita sebagai bangsa indonesia seharusnya menghargai orang yang berbeda suku dengan kita tanpa terkecuali dan itu yang saya terapkan sehari hari dikehidupan saya, yaitu saya tidak membedakan teman yang berbeda suku maka dari itu hubungan saya dengan teman saya yang berbeda suku sangatlah baik kadang saya dan dia menjelaskan budaya kami masing masing dan itu menambah pengetahuan saya tentang budaya lain.

Teman saya bugis dan saya jawa kami memiliki perbedaan budaya dari segi manapun dan itulah yang membuat saya sedikit tau tentang budaya bugis teman saya menceritakan nya pada saya dan begitu pula saya menceritakan adat jawa kepada teman saya. 

Tapi dengan perbedaan itu tak membuat kami mudah bertengkar karena perbedaan adat yang kami miliki. Kami malah semakin erat bersahabat karena perbedaan suku kami.

Baca juga : Perbedaan Sudut Pandang akibat Keanekaragaman Budaya

Karena beragam nya budaya di indonesia saya menyadari multibudaya di indonesia lumayan sangat baik contohnya ketika semasa sekolah guru saya memberikan tugas menari dari berbagai daerah yang membuat beberapa anak mengenali asal dari tarian tersebut itulah beberapa cara pengenalan budaya di masa sekolah.

Dimasa sekarang banyak anak yang tidak bisa berbahasa daerah nya sendiri seperti saya , saya orang jawa tapi saya tidak bisa berbahasa jawa karena sekitar saya tidak memakai bahasa jawa maka dari itu saya sangat setuju jika sekolah menerapkan bahasa daerah termasuk di dalam mata pelajaran wajib. Karena sangat lah disayangkan jika penerus bangsa tidak bisa berbahasa daerah bahkan dari daerahnya sendiri.

Banyaknya beragam budaya di indonesia sendiri pun sangat penting untuk dipelajari dan diterapkan sampai sekarang karena banyak negara asing yang ingin mencoba merampas budaya indonesia maka dari itu kita harus melestarikan budaya indonesia sendiri.

Baca juga :Keanekaragaman Budaya Bangsa Indonesia

Untuk belajar bahasa inggris dengan mempelajari budaya yang ada di indonesia itu mungkin cukup hal yang unik walaupun saya pernah mempelajari budaya luar memakai bahasa inggris dan ini cukup hal yang baru dan unik jika mempelajari multibudaya di indonesia.

Berselisih paham tentang budaya memang lah wajar tapi tak seharusnya perbedaan menjadi pecah belah tugas guru/orang tua memberi pahaman bahwasannya perbedaan bisa menjadi faktor utama persatuan di indonesia.

Banyak faktor faktor yang menjadi penyebab perselisihan antar suku yaitu perbedaan pendapat / adat istiadat dan merasa sukunya lebih baik dari pada suku yang lain dan meremehkan adat istiadat suku lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun