Mohon tunggu...
Risma DwiAyuningsih
Risma DwiAyuningsih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pakaian Anda Sopan, Kami Segan

26 Juni 2022   21:36 Diperbarui: 26 Juni 2022   22:31 118 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hallo guys, zaman sekarang seperti yang kita ketahui banyak sekali berbagai macam trend pakaian. Setiap hari hampir ada munculan ide-ide baru untuk membuat trend pakaian. Kita sebagai anak muda pastinya mengikuti trend kan. Pakaian sekarang bukan hanya kebutuhan pokok saja, melainkan juga kebutuhan untuk tampil di depan publik agar lebih percaya diri. 

Pakaian semakin hari semakin bermacam macam modelnya. Khususnya untuk sahabat muslimah tentunya banyak sekali trend yang sekarang banyak bermunculan. Mulai dari jenis- jenis kerudung, berbagai macam kemeja, gamis, blouse, rok. 

Selalu update setiap harinya. Bukan hanya bagi para kaum hawa saja yang mengikuti trend berpakaian. Kaum Adam juga mengikuti trend. Banyak sekarang para lelaki  mengikuti ootd yang sedang ngtrendnya salah satu contoh nya ada memakai kaos kemudian dirangkap dengan kemeja flanel agar terlihat lebih fashionable.

Namun juga penting diperhatikan bahwa kita harus memilih dan memilah pakaian sesuai dengan syariat agama. Sebagai contoh untuk yang beragama Islam seorang perempuan harus menutup aurat. Aurat perempuan menurut agama Islam yaitu seluruh badan kecuali wajah dan telapak tangan.

 Bukan hanya menutup saja, tetap juga tidak boleh menampakkan lekuk tubuh. Pakaian harus longgar. Selain untuk menutupi aurat pakaian longgar akan membuat kita nyaman untuk melakukan aktivitas. Selain pakaian kerudung dalam Islam juga mempunyai syariatnya. 

Seorang wanita harus  memakai kerudung hingga menutupi bagian dada. Tetapi banyak di era sekarang yang kurang tepat dalam pemakaian kerudung. Seperti menggunakan tambahan cemol di kepala agar kerudung terlihat  bervolume. 

Padahal dalam Islam tidak diperbolehkan memakai semacam itu karena menyerupai punuk unta. Contoh pemakaian kerudung yang kurang tepat kedua yaitu menggunakan kerudung tetapi masih memperlihatkan rambut halus di dahinya. 

Rambut merupakan salah satu aurat seharusnya tidak boleh diperlihatkan saat memaksi kerudung. Yang ketiga pemakaian kurang tepat adalah mengikat kerudung di leher dan menggunakan kerudung terlalu pendek sehingga memperlihatkan bagian dadanya. 

Dari fenomena sehari-hari masih banyak para muslimah yang mengenakan pakaian dari kerudung hingga baju seperti itu dengan alasan mengikuti trend. Perlu diingat mengikuti trend boleh tetapi juga harus menjaga syariat Islam.

Untuk para kaum Adam juga boleh mengikuti trend berpakaian pada masa ini. Tetapi kalian harus pintar pintar memilih pakaian agar tidak menimbulkan permasalahan di lingkungan agama maupun di masyarakat. Karena yang dilihat pertama kali oleh seseorang adalah pakaian kita. 

Jika kita berpakaian dengan rapi maka seseorang akan menilai kita dengan positif. Perlu juga diketahui bahwa ada juga aurat untuk laki-lski yang artinya para kaum lelaki pada saat memilih pakaian juga harus yang menutup aurat. Perlu diketahui bahwa surat laki-laki adalah dari pusar hingga lutut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan