Mohon tunggu...
Risky Amalia Rustan
Risky Amalia Rustan Mohon Tunggu...

mahasiswi fakultas kesehatan masyarakat UHO, lebih dikenal dengan nama panggilan sky. Anak pertama dari dua bersaudara

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Tomat, si Kecil yang Bermanfaat Besar untuk Kulit Wajah

3 November 2014   15:08 Diperbarui: 17 Juni 2015   18:48 337 3 0 Mohon Tunggu...

Tomat, siapa yang tidak kenal tomat? Kecil, merah dan sangat berguna. Bisa digunakan sebagai campuran makanan, bumbu dapur, jus sehat dan juga bermanfaat untuk kecantikan. Tomat merupakan buah yang kaya akan nutrisi. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah tomat seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E dan mineralyang dapat menutrisi kulit. Disini saya akan membahas tentang manfaat tomat pada kecantikan kulit dan juga cara membuat masker muka alami dari bahan tomat.

manfaat tomat antara lain:




  1. Dapat membersihkan kulit wajah
  2. Dapat mengecilkan Pori-Pori di Kulit
  3. Dapat menghilangkan jerawat dan flek-flek hitam di wajah
  4. Dapat mengatasi kulit wajah yang berminya
  5. Dapat mencerahkan kulit wajah.


Adapun cara membuat masker dari tomat yaitu sebagai berikut: Cara membuat masker tomat alami sebetulnya sangatlah mudah, tinggal memarut atau memblender tomat kemudian dioleskan diwajah. Tapi akan lebih bagus khasiatnya jika di tambah campuran lain seperti madu, jeruk nipis dan lain-lain.


  1. Tomat campur Jeruk Nipis: Haluskan tomat dengan cara diblender atau di parut, kemudian campurkan dengan air perasan jeruk nipis kemudian aduk hingga rata. Oleskan ramuan tersebut pada wajah sambil dipijit perlahan-lahan dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin untuk menutup pori-pori. hal ini jika dilakukan berulang-ulang dapat membantu membersihkan pori-pori dari kotoran dan menutrisi kulit sekaligus mengecilkan pori-pori di wajah.
  2. Masker Tomat campur Susu: Satu lagi bahan alami yang dapat dikombinasikan dengan tomat sebagai masker yaitu susu. Susu yang digunakan adalah susu murni, bukan susu kental manis atau susu bubuk. Haluskan tomat dengan cara diblender atau diparut. Saring dan buang ampasnya. tambahkan susu kemudian aduk hingga rata. Cara penggunaannya yaitu Oleskan secara merata pada bagian wajah dan leher, hindari daerah sekitar mata. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
  3. Masker Tomat campur Madu: masker tomat di campur madu dapat mengurangi kadar minyak pada wajah. cara membuat masker tomat campur madu yaitu campurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan cara diblender atau diparut dengan satu sendok makan madu murni. Oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan kemudian bilas lagi dengan air dingin untuk menutup pori-pori yang wajah.


Itulah beberapa khasiat tomat untuk kecantikan dan beberapa cara membuat masker dari tomat, semoga dapat berguna.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x