Mohon tunggu...
Risky Baguz
Risky Baguz Mohon Tunggu... ( Mr. Okay )

BELAJAR MENULIS DAN MEMAHAMI KEHIDUPAN.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Apa Benar "Ngopi" adalah Budaya Kaum Milenial ?

25 April 2021   17:15 Diperbarui: 25 April 2021   17:49 185 6 1 Mohon Tunggu...

Selama ini mungkin kopi dipahami hanya sebagai tanaman komoditas. Tapi lebih dari itu semua, kopi juga adalah bagian dari masyarakat Indonesia yang di dalamnya terkandung kearifan lokal, kreativitas dan keunikan-keunikan yang lahir atau terinspirasi darinya. Banyak hal yang dapat kita pelajari dan kembangkan dari sebuah kopi yakni salah satunya adalah budaya atau kebiasaan minum kopi bersama teman , sahabat serta keluarga.

 ‘’ NGOPI YUK ?”

Pasti kamu sering mendengar ungkapan-ungkapan seperti “Ngopi yuk?”, “Ngopi dululah biar santai!”, “Kita diskusi sambil ngopi!” dan sebagainya di dalam pergaulan sehari-hari kan? Apakah itu di lingkungan pertemanan, kerja ataupun bertetangga. Nah, ngopi ini adalah kata ‘tidak baku’ dari bahasa baku minum kopi. Kata ini sudah mendarah daging di dalam pergaulan masyarakat Indonesia sehari-hari. Bahkan, di beberapa daerah ngopi punya arti yang lebih luas dan unik.

Sebelum melakukan aktivitas rutin setiap hari  seperti di kantor dan aktivitas santai dirumah lainnya,  cukup banyak orang yang ditemani secangkir kopi sebelum bekerja dan menemukan inspirasi seperti halnya saya sendiri sebagai penyuka kopi dan gemar melakukan aktifitas ngopi bersama kolega dan rekan kerja setelah pulang atau hari libur tiba. 

Menurut Stella Maris dalam Liputan6.com (2019) Minum kopi yang dilakukan kalangan muda dilakukan juga sebagai salah satu  mood booster yang efektif. Kopi membantu generasi aktif dan dinamis agar lebih semangat melakukan aktivitas. Ketika ngopi, mereka merasa lebih mudah mencari inspirasi dan inovasi dalam berkreatifitas.

“ Budaya Minum Kopi Menjadi sebuah Tren dikalangan kaum Milenial ”

Tren minum kopi beberapa tahun ini masih menjadi salah satu minuman yang cukup popular, hal ini terlihat maraknya cafe dan kedai/warung kopi yang ada di Indonesia. Bahkan kaum remaja dan kaum milenial lainnya menjadikan minum kopi atau bisa dikenal sebutan “Ngopi “ menjadi tren dan budaya baru yang sangat populer sekali saat ini. 

Sejak dulu masyarakat Indonesia menyukai kopi, biasanya dulu disukai oleh orang tua kita sembari di dituangkan dengan menggunakan tatakan gelasnya dan kemudian dihirup kopinya, biasanya di minum di rumah atau warung kopi. 

Namun saat ini minum kopi sangat marak dijadikan tren bagi kaum remaja dan kaum milenial yang merupakan gaya hidup sembari ngobrol, berdiskusi. Apalagi ditempat tersebut di lengkapi dengan fasilitas internet (wifi) dan live music untuk sekedar hanya untuk merelaxsasi otak dan fikiran setelah bekerja dan beraktifitas seharian.

“ Alasan mengapa kaum milenial menggemari budaya ngopi ? ”

Kopi merupakan bagian gaya hidup masa kini yang tak terpisahkan. Banyak Kedai dan cafe saat ini  yang menawarkan beraneka jenis minuman kopi dan variasi minuman kopi lainnya yang  semakin menjamur dan ramai di serbu pengunjung hanya menikmati rasa dari olahan kopi atau hanya menikmati suasana tempat kopi tersebut. Menurut Katadata, Indonesia bahkan masuk ke dalam daftar 10 negara dengan konsumsi kopi terbesar dunia 2016/2017.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x